Workshop Metodologi Penelitian

Sebanyak 80 tenaga dosen dari perguruan tinggi negeri dan swasta serta pemerhati perempuan se-Kota Palangka Raya mengikuti Workshop Metodologi Penelitian Berpersfektif Gender di Aula Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya (Unpar), baru-baru ini. Hadir sebagai pembicara Dr Kristi Poewandari MHum dari Universitas Indonesia (UI).

Ketua Panitia Dr Ir Susilawati MP mengatakan, kegiatan workshop yang dibuka oleh Ketua Lembaga Penelitian Prof Ir Dosis TH Unjung MSi mewakili Rektor Unpar Ferdinand ini berjalan lancar dan sukses. Tujuan workshop memberi pemahaman, pengetahuan tentang penelitian yang berperspektif gender bagi dosen dan pemerhati perempuan.Selain itu, memberi pengajaran tentang metode penelitian yang berperspektif gender dan penerapannya bagi dosen dan pemerhati perempuan. Kemudian mendorong dan memfasilitasi dosen agar mempunyai keinginan dan kemampuan untuk melakukan penelitian berpersfektif gender dalam semua bidang ilmu pengetahuan.

Dikatkan, banyak penelitian mengenai perempuan dan berperspektif perempuan seringkali hanya mengangkat isu-isu yang dihadapi perempuan, namun tidak dihadapi laki-laki. Kritik atas fenomena tersebut didasari atas kenyataan bahwa perempuan tidak dapat dilepaskan dari laki-laki, karena keduanya berada dalam satu sistem sosial yang sama.Karena itu, perlu dikembangkan pendekatan gender dalam penelitian, atau yang dikenal dengan istilah penelitian berperspektif gender.

Unpar sebagai perguruan tinggi negeri yang mempunyai kepedulian dan sangat mendukung dilakukannya kegiatan tri dharma perguruan tinggi, baik pendidikan, pengajaran, pengabdian kepada masyarakat maupun penelitian yang mengintegrasikan dan berperspektif gender dalam pelaksanaannya.“Berdasarkan kenyataan jumlah penelitian dan kajian berperspektif gender yang dilakukan oleh dosen jumlahnya masih sangat sedikit, sehingga perlu dilakukan upaya-upaya untuk mendorong kegiatan kajian dan penelitian tentang gender. Makanya Pusat Penelitian yang tergabung dalam Lembaga Penelitian Universitas Palangka Raya, Pusat Penelitian Wanita Universitas Palangka Raya menggelar kegiatan Workshop tentang metodologi penelitian yang berpersfektif gender bagi para dosen,” terangnya. edw