SNMPTN UPR Akan diperebutkan 4.401 Siswa

Wakil Rektor 1 bidang Akademik UPR, Prof Dr I Nyoman Sudyana MSc.

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah ditutup Sabtu (12/3) pukul 22.00 WIB. Universitas Palangka Raya (UPR) mencatat sebanyak 4.401 akan beradu nasib dalam jalur undangan tersebut.

Dalam SNMPTN 2016 ini ada beberapa Program Studi (Prodi) yang menjadi Favorit diantaranya Manajemen, Teknik Informatika, Akutansi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Kedokteran.

“Tahap pendaftran SNMPTN telah berakhir tanggal 12 Maret 2016 kemaren. Para peserta tinggal menunggu pencetakan kartu tanda peserta SNMPTN dan proses seleksi,” ucap Wakil Rektor 1 bidang Akademik UPR, Prof Dr I Nyoman Sudyana MSc.

Nyoman yang juga Ketua SNMPTN UPR 2016 menyebutkan dalam penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2016-2017 ini, pihak UPR menyediakan 4.500 kursi yang akan diperebutkan dalam tiga jalur penerimaan yakni jalur SNMPTN, SBMPTN dan UMBPT.

Ia juga menjelaskan mekanisme SNMPTN 2016 kemaren. Sebelum melakukan pendaftaran SNMPTN, ada beberapa syarat-syarat yang harus dipenuhi dulu agar siswa bisa mendaftar, salah satunya ialah sekolah yang harus mengisi Pangkalan Data Sekoah dan Siswa (PDSS).

Selain itu, tidak semua sekolah di Indonesia boleh mengikuti SNMPTN tahun 2016. Hanya sekolah yang telah terakreditasi A bisa mendaftarkan sebanyak 75 persen dari total sisiwanya di SNMPTN 2016.

Sementara untuk sekolah dengan akreditasi B memiliki kuota hingga 50 persen saja, dan akreditasi C memiliki kuota lebih sedikit lagi, yakni hanya bisa mendaftarkan 25 peren dari total siswanya. Untuk sekolah yang akreditasinya belum keluar, hanya diperbolehkan untuk mendaftarkan 10 persen siswanya.

“Kita berharap proses ini dapat berjalan lancar dan yang terpenting menghasilkan yang terbaik bagi para calon Mahasiswa Baru Universitas Palangka Raya,” ungkapnya.

Permanent link to this article: https://www.upr.ac.id/snmptn-upr-akan-diperebutkan-4-401-siswa/