SBMPTN 2016 UPR: Peminat Prodi Akuntansi Meningkat

Memasuki minggu terakhir penjaringan mahasiswa baru Universitas Negeri Palangka Raya (UPR) melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2016, Program Studi (Prodi) yang diminati oleh para pendaftra adalah Akuntansi.

Dari website resmi UPR (www.upr.ac.id) Rabu (12/5), untuk Prodi Akuntansi tercatat ada sebanyak 691 peserta yang telah mendaftar. Diurutan ke 2 adalah Prodi Manajemen dengan pendaftran ada sebanyak 638 orang.

Selain yang paling diminati ada juga beberapa prodi yang belum tersentuh dari ribuan yang telah mendaftar dalam jalur tersebut. Prodi tersebut ialah Pendidikan Kedokteran dan Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (Sendratasik)

“Untuk sementara Prodi yang diminati adalah Akutansi, tapi kami yakin ini akan berubah. Begitu juga bagi prodi yang belum di pilih, mungkin peminatnya masih mempersiapkan diri,” kata Wakil Rektor 1 UPR, Prof Dr I Nyoman Sudyana MSc.

 Nyoman yang juga Ketua Panitia Lokal Penerimaan Mahasiswa Baru UPR menyebutkan pihaknya telah membuka jalur SBMPTN sejak 25 April dan berakhir pada 20 Mei mendatang. Kuota mahasiswa yang kami terima lewat jalur ini sebesar 30 persen dari jumlah keseluruhan 4.200 mahasiswa yang diterima UPR tahun ini.

Nyoman menjelaskan bagaimana tahapan daftar SBMPTN 2016 ini. Menurutnya mendaftar SBMPTN cukup mudah. Calon peserta harus mengikuti beberapa tahapan.Pendaftaran awal calon peserta melakukan pendaftaran secara online dengan membuka alamat website pendaftaran.sbmptn.or.id.

Setelah berada pada halaman website tersebut, memasukkan nama dan tanggal lahir peserta. Kemudian cetak tanda bukti pendaftaran awal tersebut dan dibawa ke Bank yang telah ditentukan untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran.

“Setelah membayar di Bank, peserta akan mendapatkan KAP dan PIN yang nantinya digunakan untuk melakukan pendaftaran online SBMPTN,” ucapnya.

Untuk pendaftaran online SBMPTN, lanjutnya, peserta membuka website resmi pendaftaran online SBMPTN, yaituhttps://pendaftaran.sbmptn.ac.id, Login menggunakan KAP dan PIN yang telah didapatkan dari Bank.

“Setelah login, isilah data diri secara lengkap dan benar. Jangan lupa untuk memilih PTN yang anda minati. Peserta Bidikmisi login menggunakan KAP dan PIN yang diperoleh setelah mendaftar Bidikmisi,” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan para calon peserta SBMPTN untuk memperiksa kembali kebenaran data yang dimasukan. Jika telah selesai, cetaklah tanda bukti pendaftaran online tersebut. Tanda bukti pendaftaran yang anda dapatkan berupa kartu tanda peserta SBMPTN yang nantinya dibawa pada saat ujian seleksi berlangsung.