Rektor Pimpin Anjangsana ke Panti Sosial

Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2015, Pemprov Kalteng kembali melakukan anjangsana ke sejumlah tempat. Seperti yang dilaksanakan, Kamis (19/11), rombongan mengunjungi Panti Sosial Tresna Werdha Sinta Rangkang, Km 29 Palangka Raya.

Anjangsana ke panti sosial ini dipimpin oleh Rektor Universitas Palangka Raya Prof Dr Ferdinand MS, didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kalteng Drs Damber Liwan, perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng, BPBD Kalteng, Biro Umum Setda Kalteng, Biro Keuangan dan Aset Setda Kalteng, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Tambun Bungai serta perwakilan dari Kota Palangka Raya.

Ferdinand mengatakan, rombongan bertandang ke Panti Sosial Tresna Werda Sinta Rangkang ini ingin berbagi rasa kepada para penghuni panti sosial, karena mungkin sebagian dari para penghuni panti ada yang pernah mengalami pada masa-masa perang kemerdekaan maupun sesudah perang kemerdekaan.

“Kita mengingat jasa-jasa para pahlawan yang dulunya terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam peristiwa-peristiwa yang ada, dari mulai perang kemerdekaan hingga merdeka. Kita patut bersyukur dan memberikan hak kesejahteraan dan pelayanan kepada warga,” katanya.

Suryanto, perwakilan Dinas Sosial Kalteng yang mendampingi rombongan menjelaskan, panti tersebut berdiri sejak tahun 1980/1981. Panti sosial ini diberi nama Panti Sosial Tresna Werda Sinta Rangkang, yang diambil dari 2 bahasa yaitu bahasa Jawa dan bahasa Dayak Ngaju. Secara harifah sebenarnya memiliki arti sama, yaitu tresna artinya cinta, kasih dan sayang.

Dijelaskan, panti ini mempunyai tugas pokok dan fungsi. Tugas pokoknya adalah menyelenggarakan pelayanan sosial, pemenuhan kebutuhan hidup, pemeliharaan/perawatan kesehatan dan pengisian waktu luang.

Sedangkan fungsinya menyelenggarakan pelayanan sosial, pelaksanaan pemenuhan kebutuhan hidup, pelaksanaan pemeliharaan/perawatan kesehatan, pelaksanaan pengisian waktu luang, pelaksanaan urusan ketatausahaan dan rumah tangga, memberikan perlindungan hukum kepada lanjut usia