Prodi PGSD Gelar Seminar Pendidikan

Kegiatan seminar pendidikan Prodi PGSD FKIP UPR yang dilaksanakan di aula rahan rektorat UPR dengan pemateri Prof Dr Joni Bungai MPd.

Progam Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Palangka Raya (UPR) menggelar Seminar pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para mahasiswanya yang merupakan calon guru SD.

Seminar pendidikan yang bertemakan Menumbuhkembangkan Kreatifitas Siswa dan Membudayakan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Siswa SD itu dihadiri oleh ratusan mahasiswa Prodi PGSD FKIP UPR dengan narasumber dari Jakarta didampingi narasumber lokal UPR.

Ketua Prodi PGSD FKIP UPR Dr Kuswari SPd MPd mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin Prodi PGSD dalam rangka mempersiapkan lulusannya yang akan terjun langsung ke masyarakat terutama dalam mendidik para generasi penerus.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membekali para calon lulusan Prodi PGSD FKIP UPR yang sebentar lagi akan terjun langsung ke masyarakat dalam mengimplementasikan ilmunya dalam membimbing anak-anak disekolah,” ucapnya saat ditemui Tabengan, Sanin (4/4) pagi.

Menurutnya dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar terutama kelas rendah, pembelajaran bukan hanya menekankan pada ilmu pengetahuan saja, namun juga menekankan pada pendidikan karakter dan penggalian minat dan bakat siswa.

“Untuk membentuk generasi muda yang unggul dan berkarakter, upaya pendidikan harus dilakukan sejak dini, seperti yang telah digembor-gemborkan akhir-akhir ini, pendidikan karakter merupakan suatu hal yang penting, agar bangsa tidak kehilangan jati dirinya. Melalui pendidikan karakter diharapkan terjadi transformasi yang dapat menumbuhkan dan mengembangkan karakter positif, serta mengubah watak yang tidak baik menjadi baik,” ungkapnya.

Diharapkan dengan kegiatan ini dapat menambah bekal para mahasiswa PGSD yang akan segera terjun ke masyarakat dalam memberikan ilmu pengetahuan mereka bagi para peserta didik di Sekolah.

Kegiatan seminat tersebut juga dalam rangka memeriahkan HUT PGSD. Selain semiar HUT Prodi PGSD UPR, juga akan dimeriahkan dengan bermacam kegiatan diantaranya lomba dan kegiatan sosial lainnya. (Tjk)

Permanent link to this article: https://www.upr.ac.id/prodi-pgsd-gelar-seminar-pendidikan/