Peringatan Hardiknas 2019

Dosen Hingga Tekon UPR, Dapat Penghargaan

Pendidikan merupakan kunci kemajuan sebuah bangsa. Untuk menghasilkan SDM yang kompetitif, inovatif dan berkarakter dibutuhkan pendidikan yang berkualitas dan mudah diakses masyarakat dari semua latar belakang. Karenanya Rektor UPR, Dr Andrie Elia, memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Dosen hingga Tekon di lingkungan Universitas Palangka Raya yang terus berupaya memajukan UPR menuju UPR Jaya Raya.Sementara, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Prof Mihamad Nasir mengatakan, untuk meningkatkan daya saing pendidikan tinggi, perguruan tinggi di Indonesia didorong untuk meningkatkan akreditasi institusi menjadi terakreditasi unggul (A).  Upaya itu antara lain dengan meningkatkan jumlah serta mutu penelitian dan publikasi, kerja sama pengembangan penelitian di tingkat nasional dan internasional, serta memperbanyak prestasi mahasiswa hingga tingkat internasional.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Ristekdikti dalam sambutannya pada Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019, dan dibaca Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr Andrie Elia SE MSi, ketika menjadi Inspektur Upacara Hardiknas di lingkungan UPR, Kamis (3/5). Dikatakan Menteri, upaya tersebut dilakukan dalam rangka memacu perguruan tinggi untuk masuk dalam jajaran universitas terbaik dunia. Program studi harus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pasar dan didorong untuk terakreditasi unggul (A) dan selanjutnya didorong meraih akreditasi internasional.

Menyikapi hal itu, Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi, menyatakan UPR terus melakukan pembenahan. Khususnya peningkatan sarana dan prasarana (sarpras) guna menunjang peningkatan akreditasi. “Peningkatan akreditasi merupakan hal mutlak yang harus dilakukan. Sekarang kita sedang proses akreditasi untuk semua jurusan, program studi maupun fakultas. Supaya hasil pekerjaan para dosen dan staf-stafnya, minimal terakreditasi B atau bahkan A,” ujar Rektor

Dikatakan, sebelumnya dari 54 program studi (prodi) dan jurusan yang ada di UPR, baru sekitar terdapat 25 prodi dan jurusan yang terakreditasi B. Kini masih terus dilakukan pembenahan untuk peningkatan akreditasi. “Assesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) sudah mengunjungi UPR untuk melakukan penilaian. Selain itu, semua jurusan, prodi dan fakultas, juga sudah mengunggah data-data yang diperlukan ke BAN PT. Mudah-mudahan akhir 2019 akan keluar hasilnya dari BAN PT, minimal terakreditasi B,” kata Rektor.