Mahasiswa FK UPR Bantu Layanan Kesehatan

Puluhan mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Palangka Raya (UPR) yang tergabung dalam Tim Bantuan Medis (TBM) FK Unpar, Minggu (22/11), menggelar aksi sosial berupa layanan kesehatan gratis di Kelurahan Tanjung Pinang, Kota Palangka Raya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Pesantren Noor Al-Banjari, Jalan Bangaris Bukit Pinang itu bertujuan untuk wahana praktik para calon dokter masa depan dan sebagai bentuk kepedulian sosial dalam mewujudkan program Kalteng Barigas.

Ketua TBM FK UPR Oktavia Putri Wulandari Effendy menjelaskan, kegiatan yang dilakukan satu hari penuh itu selain memberikan pelayanan kesehatan seperti periksa tekanan darah, gula darah dan indeks massa tubuh, juga diadakan penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta pentingnya pengukuran tekanan darah, gula darah dan indeks massa tubuh secara berkala.

“Kita juga di sini ingin menyosialisasikan bahwa pengukuran tekanan darah, gula darah dan indeks massa tubuh secara berkala penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh,” ucapnya.

Dalam kegiatan bakti sosial itu, lanjutnya, TBM FK UPR banyak mendapatkan bantuan, terutama dalam persediaan obat-obatan oleh beberapa rekan mahasiswa dari universitas lain, seperti BEM Universitas Lampung, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, UGM, UI, STEM Akamiga, Universitas Udayana dan lainnya.

“Dalam TBM kita memiliki program kerja, selain sebagai ajang praktik rekan-rekan mahasiswa kedokteran ini dan untuk membantu meningkatkan tarap kesehatan dilingkungan masyarakat,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, kegiatan yang dilakukan TBM FK UPR nantinya dapat bermanfaat bagi banyak orang, terutama masyarakat yang kurang mampu. TBM FK UPR juga membuka tangan untuk mereka yang ingin menjadi donatur dalam aksi sosial yang dilakukan TBM.

“Bagi mereka yang ingin membantu aksi kami bisa menyalurkan bantuan ke TBM FK UPR atau dana bisa didonasikan ke rekening 1590001178267 a/n Gladys Suwanti,” terangnya.
Aksi mahasiswa kedokteran ini juga mendapat dukungan penuh dari dosen pengajar FK UPR. Dukungan tersebut salah satunya ditunjukkan dengan penyertaan pendamping dalam kegiatan.

“Kami mendukung sepenuhnya kegiatan para mahasiswa ini. Karena, lewat kegiatan ini mereka tidak hanya berbagi ilmu pengetahuan, tapi juga mendapat kesempatan untuk melakukan interaksi sosial dengan masyarakat. Hal ini penting bagi mereka yang kelak memang akan mengabdikan diri kepada masyarakat,” kata Penanggung Jawab TBM FK UPR dr Francisca Diana Alexandra MSc yang juga Pembantu Dekan III FK UPR (Tabengan).

Permanent link to this article: https://www.upr.ac.id/mahasiswa-fk-upr-bantu-layanan-kesehatan/