Jalur SBMPTN, UPR Terima 1.900 Mahasiswa

Pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 telah dipublikasikan secara online mulai Selasa (28/6) pukul 14.00 WIB di laman pengumuman dengan memasukkan nomor peserta dan tanggal lahir. Dari 3.378 pendaftar, Universitas Palangka Raya (UPR) telah menerima 1.900 calon mahasiswa baru.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rektor UPR Prof Dr Ferdinand MS melalui Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Dr I Nyoman Sudyana MSc yang juga merupakan Ketua Panitia Lokal Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN UPR tahun 2016.

Berdasarkan Keputusan Panitia Pusat SBMPTN tahun 2016 No 6/KEP.SBMPTN/Tahun 2016 mengumumkan hasil SBMPTN, UPR menerima 1.900 mahasiswa yang terbagi di 38 Program Studi,” kata Nyoman, Selasa (28/6).

Dalam pengumuman tersebut pihak UPR juga baru mengetahui bahwa Program Studi Pendidikan Sendratasik (Seni Drama, Tari dan Musik) yang baru menerima mahasiswa baru tahun ini, tidak meluluskan mahasiswanya, dikarenakan calon mahasiswa yang mendaftar dalam Prodi tersebut tidak mengikuti ujian keterampilan yang dilaksanakan di universitas luar Kalteng.

Kita harap di Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UMB-PTN) kita akan melakukan ujian keterampilan sendiri, agar pendaftar di Prodi Sendratasik dapat mengikutinya,” ungkapnya.

Nyoman juga mengungkapkan bagi peserta yang lulus SBMPTN 2016, selanjutnya harus melakukan pendaftaran ulang sesuai jadwal di perguruan tinggi negeri yang menerimanya. Oleh karena itu, disarankan untuk memperhatikan jadwal yang ditetapkan oleh kampus yang menerimanya agar status kelulusannya tidak dibatalkan.

Selain mengumumkan kelulusan, Nyoman juga mengumumkan hasil seleksi penerima program beasiswa Bidikmisi. Untuk UPR ada sebanyak 651 orang yang dinyatakan lulus seleksi Bidik Misi dan mereka akan mengikuti Verifikasi keabsahan data yang telah dimasukan.

Dalam pengumuman itu juga dijelaskan bagi peserta bidik misi yang lolos masih akan di verifikasi di seleksi kemampuan ekonominya dalam membayar biaya pendidikan oleh PTN yang bersangkutan.

Artinya tidak semua peserta yang lulus tes Bidik misi akan mendapat beasiswa tersebut karena yang mendapatkan beasiswa itu hanya mereka yang tidak mampu, sesuai dengan persyaratannya,” ucapnya.

SBMPTN itu sendiri merupakan syarat masuk perguruan tinggi jalur kedua setelah SNMPTN (jalur undangan). Bagi mereka yang belum lulus SBMPTN, masih disediakan jalur mandiri melalui Ujian Masuk Bersama (UMB). Pendaftaran sudah dibuka hingga 20 Juli 2016, tutupnya.

Permanent link to this article: https://www.upr.ac.id/jalur-sbmptn-upr-terima-1-900-mahasiswa/