Fakultas Ekonomi UPR dan Otoritas Jasa Keuangan mengadakan Seminar Pemuda Solusi Budaya Keuangan

Sekitar 400-an Mahasiswa Universitas Palangka Raya (UPR) menghadiri Seminar Pemuda Solusi Budaya Keuangan yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Tengah, bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Palangka Raya.

Seminar Pemuda Solusi Budaya Keuangan (Pesbuk) dengan tema “Membangun Karakter Pemuda Sebagai Ekonom Masa Depan” dan subtema “Mengenal Otoritas Jasa Keuangan dan Industri Jasa Keuangan” ini diselanggarakan, di aula Dinas Pendidikan Kalteng, Senin (1/12).

Kegiatan ini, salah satu bentuk sosialisasi dan edukasi keuangan kepada mahasiswa, dengan materi tentang Industri Jasa Keuangan Jasa Keuangan disampaikan Ricy Candra, dan dilanjutkan PT Pegadaian dan BPJS Kesehatan.

Pahai Asie Kepala Bidang Administrasi yang mewakili Kepala OJK Iwan M mengatakan, salah satu tujuan dibentuknya OJK, sesuai amanat pasal 28 UU No.21/2011 tentang OJK adalah program edukasi dan literasi keuangan kepada masyarakat.

“Hasil survei literasi keuangan nasional 2013 di 20 provinsi dengan 8.000 responden memberikan gambaran rendahnya tingkat literasi masyarakat Indonesia. Dari hasil itu hanya 21,8 persen yang memiliki pemahaman, ketrampilan, dan kepercayaan dalam menggunakan produk dan layanan keuangan, dengan tingkat utilisasi sebesar 59,7 persen,” katanya.

Sementara survei literasi keuangan nasional untuk kalangan pelajar dan mahasiswa baru 28 persen yang memiliki tingkat literasi, dengan tingkat utilitasinya sebesar 44 persen.

Karena itu, lanjutnya, pada 2015 ini, prioritas program kerja edukasi dan literasi keuangan difokuskan kepada kalangan pelajar dan mahasiswa. Kegiatan ini merupakan upaya OJK untuk melakukan edukasi keuangan sedini mungkin kepada kalangan pelajar dan mahasiswa.

Untuk itu, setiap pelajar da mahasiswa harus dibekali dengan kemampuan dasar tentang keuangan yang akan digunakan dalam kehidupan selanjutnya dan terus mendorong budaya menabung dan investasi sejak dini.

Dalam seminar itu juga, para pelajar dan mahasiswa perlu diberikan pemahaman tentang pemberlakuan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) yang mulai diberlakukan tahun ini.

Permanent link to this article: https://www.upr.ac.id/fakultas-ekonomi-upr-dan-otoritas-jasa-keuangan-mengadakan-seminar-pemuda-solusi-budaya-keuangan/