Home
Berita
Peluang dan Tantangan Akademisi Membumikan Nilai-nilai Pancasila
Cover Berita

Peluang dan Tantangan Akademisi Membumikan Nilai-nilai Pancasila

Pada hari Sabtu, 5 Juni 2021 Program studi PPKn FKIP UPR melaksanakan webinar nasional dengan tema " Pancasila Dalam Tindakan : Peluang dan Tantangan sebagai bentuk tanggung jawab akademis bagaimana membumikan nilai nilai Pancasila dalam rangka menyambut hari lahir Pancasila yang ke 76 Tahun, hal ini disampaikan oleh ketua panitia Maryam mustika, M.Pd.

Webinar ini diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia yang terdiri dari para dosen, guru, mahasiswa hampir dari seluruh Indonesia dengan jumlah peserta yang mendaftar berjumlah 464 orang dan yang hadir di ruangan zoom tertinggi 321 orang dan yg hadirĀ  youtube PPKn berjumlah 67 orang.

Rektor Universitas Palangka Raya Dr. andrie Elia, M.Si menyampaikan pesan yang di sampaikan oleh Wakil Rektor bidang akademik prof. Dr. Salampak Dohong MS, adalah makna Pancasila yang harus dihayati dan diamalkan dalam seluruh aspek kehidupan kita, dalam sambutannya prof. Salampak juga menyampaikan betapa luar biasa tantangan Pancasila di tengah tengah kehidupan masyarakat kita saat ini terutama generasi muda, untuk itu sebagai bentuk tanggungjawab akademis kita universitas Palangka raya harus memberikan pemahaman yang baik bagaimana Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, jati diri bangsa dan karakter bangsa Indonesia.

Selain itu peserta dihadiri juga oleh Dekan FKIP UPR Dr. Natalina, M.Si yang dalam sambutannya menyampaikan betapa pentingnya pancasila dalam tindakan khususnya generasi milenial, Pancasila adalah warna Indonesia yang harus dilestarikan dan dibumikan.

Seminar menghadirkan tiga narasumber yaitu: Yuyus Kardiman, M.Pd dosen Universitas Negeri Jakarta yang menyampaikan materi bagaiman keajegan Pancasila dari aspek filosofis konseptual sudah tidak perlu dipertentangkan lagi, 2. Dr. Eli Karliani, M.Pd menyampaikan materi bagaiman peluang dan tantangan Pancasila di era digital citizenship yang lebih menekankan kepada keniscayaan dunia digital yang terbuka dan bebas harus disikapi dengan bijak dalam mengamalkan Pancasila, 3. Dr. Syaifullah Sam, S.Pd M.Si menyampaikan materi terkait Aktualisasi Pancasila dan Penguatan Demokrasi. Webinar berjalan dengan lancar dan penuh antusias dari peserta webinar kali ini.