175 Peserta SBMPTN Ikuti Tes Keterampilan

Sebanyak 175 orang peserta yang memilih program studi (prodi) ilmu seni dan keolahragaan pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 mengikuti tes keterampilan pada hari kedua, Rabu, (1/6) di lapangan UPP II UPR.

Menurut Ketua Tim UKK Penjaskes UPR, Dr Untung F Soan MPd yang juga Kajur PJKR-UPR, untuk ujian keterampilan di UPR wajib diikuti oleh peserta peminat Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rektreasi.

Lebih jauh Untung memeparkan, peserta SBMPTN memilih prodi olahraga, ada dua tes yang wajib diikuti yaitu tes kesehatan dan keterampilan motorik.

Pada tes kesehatan, panitia akan melakukan pengukuran antropometri meliputi tinggi badan, berat badan, dan indeks massa tubuh (BMI). Tes juga mencakup uji kemampuan verbal dan auditori, pemeriksaan jantung dan paru, serta pemeriksaan mata.

Selanjutnya, ada tes keterampilan motorik yang menguji kemampuan peserta SBMPTN melakukan vertical jump, sit-up, push-up, dan lari 1.600 meter. Kelincahan serta koordinasi mata tangan peserta juga akan diuji melalui Illnois Agility Run Test dan Ball-pass Test.

Permanent link to this article: https://www.upr.ac.id/175-peserta-sbmptn-ikuti-tes-keterampilan/