Wujudkan Kampus UPR Hijau

12377605_1707783086122374_5816554628419746937_o

Penanaman Pohon oleh Rektor UPR. Prof. Dr. Ferdinand


Universitas Palangka Raya (UPR) mencanangkan diri sebagai Green Campus atau Kampus Hijau. Langkah awal dimulai dengan penanam pohon di sepanjang kiri dan kanan jalan di lingkungan kampus. Penataan taman. Pembuatan jalur khusus sepeda.

Penanaman pohon, Selasa (9/12) di lingkungan Fakultas Kedokteran yang dilakukan Pemerintah Provinsi bersama UPR  dan pihak swasta dalam rangka gerakan penanaman 1 miliar pohon tersebut adalah salahsatu langkah awal untuk mewujudkan kampus Unpar yang hijau.

Rektor Unpar Prof DR Ferdinand MS dalam sambutanya mengungkapkan, luas Universitas Palangka Raya adalah 387 hektare yang merupakan universitas terluas se-Indonesia. Tentunya dengan luasan ini, sangat setrategis untuk penghijauan. Dan sebagai wujud kepedualian UPR terhadap lingkungan hidup, tahun 2014, UPR mencanangkan program Green Campus.

Menurut Ferdinand, UPR  memiliki sejumlah rekam jejak yang sangat panjang dalam kegiatan kerjasama penelitian internasional di bidang ekologi dan lingkungan hutan rawa gambut tropis. Bahkan, dalam lima tahun terakhir, UPR r juga merupakan satu-satunya universitas di Indonesia yang berkiprah di dalam mempromosikan pendidikan di bidang sustainability science  di kawasan Asia Pasifik. “Track record UPR tersebut, perlu diimplementasikan secara konsekuen di dalam kampus dalam bentuk pembangunan Green Campus,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Ferdinand juga menyinggung tentang usia UPR yang sudah 51 tahun. Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Kalteng yang telah berperan besar untuk kemajuan Unpar.

12375296_1707783312789018_69670647655793727_o

Prof. Dr. Sulmin Gumiri

Sebelumnya, Prof Dr Sulmin Gumiri MSc selaku salah satu Inisiator program Green Campus Unpar , bahwa tujuan dari program ini adalah untuk mewujudkan pola iImiah pokok Unpar, menjadikan Unpar untuk masuk dalam 10 Green Campus terbaik kampus di Indonesia pada tahun 2018 dan membuat program unggulan bertaraf internasional di UPR.

“Selain itu juga untuk meningkatkan daya tarik Unpar,  tidak saja bagi calon mahasiswa tetapi juga bagi peneliti, masyarakat umum di Kalteng dan tamu-tamu domestik dan asing yang berkunjung ke Palangka Raya. Tentunya, program ini juga untuk mendukung program pemerintah daerah untuk menyediakan kawasan hijau dalam rangka menjadikan Kota Palangka Raya sebagai Kota cantik yang ramah lingkungan,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan green campus diinisiasi oleh civitas akademika UPR yang peduli terhadap kebutuhan akan keindahan dan kenyamanan di kampus. Maka penggerak utama dari kegiatan green campus UPR adalah para sukarelawan yang mendedikasikan waktu, tenaga dan pemikirannya untuk mewujudkan green campus di UPR.

Permanent link to this article: http://www.upr.ac.id/wujudkan-kampus-upr-hijau/