UPR Wisuda 877 Lulusan dan Kukuhkan Guru Besar

Universitas Palangka Raya (UPR) mewisuda 877 orang lulusan terdiri dari 848 orang lulusan Program Sarjana (S1) dan 29 orang dari Program Magister (S2) serta pengukuhan Guru Besar di Aula Palangka, Sabtu (28/4).

Rektor UPR dalam sambutannya mengemukakan, saat ini tingkat persaingan antar perguruan tinggi semakin terbuka lebar, oleh sebab itu suatu perguruan tinggi dituntut dan harus mampu untuk selalu meningkatkan daya saing diantaranya adalah melalui peningkatan akreditasi.

Saat ini akreditasi merupakan faktor utama bagi masyarakat didalam menilai dan memilih perguruan tinggi, dimana ia akan mengikuti pendidikan. Hal ini sangatlah realistis karena kenyataan pada saat ini, baik instansi pemerintah maupun swasta telah mulai mempersyaratkan tingkat akreditasi tertentu didalam penerimaan pegawainya.

Selain itu melalui akreditasi masyarakat bisa menilai bagaimana tingkat kualitas dari penyelenggaraan proses belajar mengajar yang sudah dilaksanakan disebuah program studi maupun perguruan tinggi. Mengacu pada kondisi tersebut, UPR harus berbenah diri sehingga mampu untuk terus meningkatkan akreditasinya baik itu akreditasi program studi maupun akreditasi institusi.

Disebutkan Agus Indarjo, berdasarkan hasil penilaian dari Badan Akresitasi Nasional (BAN) beberapa waktu lalu akreditasi untuk UPR adalah B, dan kedepannya akan terus ditingkatkan ke yang lebih baik lagi yakni A. Demikian pula untuk program studi hingga saat ini terdapat 48 persen dari program studi yang ada di UPR sudah mendapat penilaian akreditasi B.

‘’ Upaya untuk terus meningkatkan peringkat akreditasi baik institusi maupun program studi akan terus diupayakan dengan memperbaiki sistem manajemen pengelolaan, peningkatan kualitas tenaga pengajar, dan penambahan kuantitas dan kualitas sarana prasana, seperti penambahan gedung kuliah, penyediaan peralatan laboratorium dan peralatan penunjang pendidikan lainnya,’’ kata Rektor lagi.

Wisuda Sarjana dan Magister serta pengukuhan Guru Besar dari Fakultas Pertanian UPR, Prof Dr Ir Wahyudi MP dilakukan dalam Rapat Terbuka Senat UPR yang dipimpin Ketua Senat UPR sekaligus Rektor UPR, Dr.Ir Agus Indarjo, M.Phil.

Sementara itu, dari 877 lulusan yang diwisuda pada periode April 2018 ini, terdapat 8 wisudawan terbaik, dimana 6 diantaranya meraih predikat cum laude dan 2 orang lainnya meraih predikat sangat memuaskan.

Kemudian dengan dikukuhkannya professor atau guru besar dari Fakultas Pertanian, Prof Dr Ir Wahyudi M.P dalam bidang Ilmu Silvikultur, maka hingga saat ini UPR telah memiliki sebanyak 26 orang professor atau guru besar yang aktif sebagai tenaga pengajar di lingkungan UPR.

Permanent link to this article: http://www.upr.ac.id/upr-wisuda-877-lulusan-dan-kukuhkan-guru-besar/