«

»

Feb 07 2017

UPR Mulai Sosialisasikan SNMPTN dan SBMPTN

sbmptn

Universitas Palangka Raya (UPR), mulai mengirimkan tim sosialisasi dan promosi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 ke kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) dan kabupaten Kapuas, dalam rangka mensosialisasikan tahapan – tahapan SNMPTN dan SBMPTN.

Pelaksanaan Sosialisasi di dua kabupaten itu dihadiri perwakilan pihak Dinas Pendidikan, Sekolah dan ratusan siswa baik dari wilayah perkotaan hingga perwakilan dari kecamatan dan daerah sekitar.

Dina Satwika SE selaku koordinator Tim Sosialisasi dan Promosi wilayah Pulpis dan Kapuas mengungkapkan dalam sosialisasi tersebut pihaknya melakukan penjelasan terkait tahapan-tahapan mengikuti SNMPTN/SBMPTN, terutamanya tentang pengisian Pangkalan Data Sekolah Dan Siswa (PDSS).

Ia menyebutkan pengisian PDSS merupakan langkah awal yang harus dilakukan pihak sekolah dalam mendaftarkan peserta didiknya untuk mengikuti  SNMPTN/SBMPTN. Pelaksanaan pengisian PDSS sendiri harus diselesaikan sebelum tanggal 10 Februari 2017.

“Secara garis besar tentang pelaksanaan SNMPTN tahun 2017 ini menekankan pada keakuratan data yang diinput pihak sekolah pada PDSS, berkaca pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya, masih ada saja sekolah yang salah menginput data hingga merugikan sekolah dan siswa itu sendiri,” ucapnya.

Selain menjelaskan terkait tahap-tahapan SNMPTN/SBMPTN, pihaknya juga menjelasakan mengenai tujuan diadakannya SNMPTN serta peluang masuk bagi siswa baik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan lainnya di UPR.

“Saya mengingatkan untuk kembali memeriksa data yang diinput, karena berkaitan dengan masa depan siswa itu sendiri, kesalahan data bisa membuat siswa gagal diterima dari jalur SNMPTN ini,” ungkapnya.

Sementara itu sebelumnya Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir mengumumkan bahwa pelaksanaan SNMPTN 2017 terbagi atas lima tahap, yaitu pertama Pengisian dan Verifikasi Pangkalan Data Siswa dan Sekolah mulai dari 14 Januari sampai dengan 10 Februari 2017.

Kedua Pendaftaran pada 21 Februari sampai 6 Maret 2017. Ketiga Proses Seleksi mulai 16 Maret sampai 15 April 2017. Keempat Pengumuman Kelulusan 26 April 2017. Kemudian Pendaftaran Ulang Peserta yang Lulus SNMPTN dimulai pada 16 Mei 2017, yang bersamaan dengan ujian tertulis SBMPTN.