«

»

Dec 14 2017

UPR Ditantang Hasilkan Proposal Bermutu

Direktur Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat  Kemenristek Dikti, Prof. Ocky Karna Rajasa, M.Sc., Ph.D. menantang para peneliti dan guru besar UPR untuk dapat menghasilkan proposal bermutu sebanyak 250 buah pada tahun 2018, untuk diajukan ke Kementerian yang pada akhirnya akan bisa meningkatkan status dan akreditasi individu peneliti yang bersangkutan dan institusi.

Prof. Ocky mengungkapkan, berbagai riset dan perenungan manusia telah menghasilkan temuan-temuan dan inovasi khususnya dalam bidang teknologi yang dan memberikan pengaruh besar bagi perubahan cara orang bekerja, berkomunikasi, dan mengelola sumber daya manusia.

Meskipun telah diyakini bahwa teknologi telah banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia, namun penerapan sains dan teknologi juga berpotensi memberikan dampak negatif bagi lingkungan dan sosial lanjutnya, Sabtu, (9/12) pada Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UPR, yang mengambil thema: ”Peningkatan Mutu dan Sinergitas Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam rangka Mendukung Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia”, yang dibuka secara resmi oleh Plt. Rektor Universitas Palangka Raya, Bapak Dr. Ir. Agus Indarjo, M.Phil.

Plt Rektor UPR Dr. Ir. Indarjo, M.Phil mengemukakan bahwa semua penelitian di UPR harus mengikuti mainstream dan pola ilmiah pokok (PIP) UPR yang telah ada sehingga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tersebut benar-benar bisa terarah dan bisa terapan (applied science) demi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, serta kelestarian lingkungan dan SDA.

Sementara, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UPR (Prof. Dr. Komang Gde Suastika, M.Si. menungkapkan bahwa aspek penelitian dan pengabdian masyarakat di institusi perguruan tinggi khususnya di UPR perlu terus ditingkatkan baik kualitas maupun kuntitasnya sebagai wujud implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi, dengan tetap mengedepankan karakter mulia dalam melaksanakannya.

Hal senada diungkap Hendrik Segah, S.Hut., M.Si., Ph.D selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa jumlah makalah yang masuk sebanyak 69 buah baik untuk presentasi oral dan presentasi poster. Selanjutnya full paper dari makalah yang sudah terseleksi akan dipublikasikan dalam bentuk proceedings dengan standart indeks publikasi Google Scholar dan DOAJ (directory of open access journal).