UPR Bangun Ruangan Kuliah Percontohan

Sebagai salah satu institusi pendidikan yang terkemuka di Kalimantan Tengah (Kalteng), Universitas Palangka Raya terus meningkatkan infrastruktur sesuai kegiatan pendidikan mereka.

Infrastruktur ini tidak hanya untuk belajar-mengajar antara dosen dengan mahasiswa saja, tetapi juga antara dosen dengan dosen atau staf.Untuk mewujudkannya, UPR saat ini sedang mendirikan ruangan yang dilengkapi dengan teknologi terkini seperti audio system, LCD, projector serta teknologi lainnya yang menunjang proses perkuliahan serta membantu dosen dalam penyampaian materi.“Ruangan ini akan di desain agar informasi terjangkau ke seluruh sudut, sehingga setiap peserta ajar menyimak dengan baik setiap materi yang dibahas. Kita juga akan melengkapi ruangan ini dengan AC, agar para mahasiswa menggunakan ruangan ini merasa nyaman,” ucap Rektor UPR Prof Dr Ferdinand MS, saat meninjau pembanguan ruangan tersebut.

 

Rektor UPR juga mengungkapkan kelas tersebut akan digunakan oleh seluruh Fakultas yang ada dilingkungan UPR. Saat ini pihaknya telah menyusun menjadwalkan untuk penggunaan ruangan tersebut.Selain itu, ia juga menegaskan, pihaknya akan menambah jumlah ruangan tersebut setiap tahunnya, agar berdampak pada perkembangan UPR kedepan.

 

“Karena ruangan ini baru satu, kita akan membuat jadwal agar setiap fakultas dapat merasakan kenyamanan ruang kuliah masa depan UPR ini,” kata Prof Dr Ferdinand MS saat dibincangi awak media.Sementara itu, seperti diketahui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) saat ini tengah mendesain ruangan kuliah dengan aplikasi Pinteraktif Interactive Class dan Pinteraktif Learning Suite.

 

Pinteraktif Interactive Class adalah ruangan yang menggunakan teknologi seperti Smart Podium, audio system dan projector yang terintgrasi dengan Smart Podium. Smart Podium berfungsi sebagai pusat pengaturan presentasi termasuk audio dan projector.Sementara Pinteraktif Learning Suite adalah aplikasi Learning Management System (LMS) yang berfungsi untuk membantu mengatur jalannya perkuliahan, mulai dari pengambilan mata kuliah, pengaturan jadwal, penyampaian materi kuliah secara online, penugasan (assesment) hingga kelulusan.

 

Fitur-fitur Pinteraktif Learning Suite ini juga dapat disesuaikan (custom) dengan kurikulum dan budaya belajar didaerah masing-masing. Sampai saat ini, LMS ini sedang dalam tahap prototype pengembangan untuk menuju fitur dan fungsi yang paling cocok dengan budaya Indonesia.

Permanent link to this article: http://www.upr.ac.id/upr-bangun-ruangan-kuliah-percontohan/