«

»

Aug 21 2016

TIM UPR HADIR DALAM KONGRES GAMBUT INTERNATIONAL KE-15 DI KUCHING, SERAWAK, MALAYSIA

Tim Universitas Palangka Raya diwakili oleh 6 (enam) orang, yaitu: 1). Prof. Ir. Yustinus Sulistiyanto, MP., Ph.D., 2). Ir. Adi Jaya, MS., Ph.D., 3). Hendrik Segah, S.hut., M.Si., Ph.D., 4). Saritha Kittie Uda, M.Si., 5). Fengky F. Adji, SP., MP., Ph.D., 6). Nina Yulianti, SP., M.Si., Ph.D. Keberadaan Universitas Palangka Raya dalam kancah international khususnya gambut sangat dikenal sejak adanya CIMTROP (Centre In-cooperation Management of Tropical Peatland).

Benua Asia, Khususnya Asia Tenggara (Kuching, Serawak, Malaysia) untuk pertama kalinya dipercaya untuk menyelenggarakan kongres gambut international ke-15 yang diselenggarakan setiap 4 (empat) tahun sekali dari tahun 1954. Kongres gambut internasional ini dilaksanakan dari tanggal 15 – 19 Agustus 2016, bertempat di Pullman Hotel, Kuching, Serawak, Malaysia.

Keberadaan kongres gambut international ini begitu penting dikarenakan banyak para perencana, pengusaha, dan pengambilan kebijakan sangat membutuhkan informasi dalam hal pembangunan berkelanjutan di gambut. Kongres ini berusaha untuk menyediakan pandangan baru dalam mempelajari pengalaman yang sudah ada sebelumnya atau bertukar pikiran serta mengembangkan kerjasama baru antar institusi baik badan penelitian maupun universitas di seluruh dunia dalam pengembangan lahan gambut, khususnya gambut tropika.

Adapun tema dari kongres gambut internasional gambut ke-15 ini adalah: “Peatland in Harmony” tema ini sangat relevan dalam menyoroti hubungan yang sangat erat antara faktor lingkungan, industri, dan sosial ekonomi yang kaitannya dengan gambut.

Lebih jauh lagi melalui kegiatan ini peserta yang hadir mendapatkan keuntungan dari berbagai kegiatan kongres, diantaranya terjalin kesempatan bekerjasama, dan semangat dalam diskusi dari berbagai topik hangat yang berkaitan dengan gambut. Adapun pembicara yang hadir meliputi peneliti-peneliti internasional yang berbagai disiplin ilmu khusus bidang gambut. Kehadiran UPR dalam kongres ini sangat diharapkan oleh dunia internasional dalam hal penguatan kerjasama yang sudah ada dibidang pengelolaan gambut yang bijaksana dan berkelanjutan. Dan melalui kongres internasional gambut ini dunia pun ikut mengenang seorang pahlawan gambut (peatland warrior) asal Dayak Ngaju (Kalimantan Tengah) yaitu: (alm) Ir. Suwido H. Limin, MS., Ph.D yang sudah banyak memberikan kontribusi bagi dunia.

Bersamaan dalam kongres ini pun Tim UPR ikut ambil bagian dalam pelaksanaan upacara bendera dalam rangka ulang tahun RI ke-71 tahun dari halaman Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kuching, Serawak, Malaysia (17 Agustus 2016) dan tidak lupa menyampaikan Dirgahayu RI ke-71 tahun.

Berita Terkait