«

»

Feb 08 2017

Tim Sosialisasi SNMPTN UPR Sambangi Sukamara dan Lamandau

SNPTN

Kembali, Universitas Palangka Raya (UPR) melalui Tim Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menggelar sosialisasi SNMPTN/SBMPTN tahun 2017. Kali ini giliran kabupaten Sukamara dan Lamandau yang disambangi UPR.

Koordinator Tim Sosialisasi dan Promosi SNMPTN/SBMPTN UPR tahun 2017, Betty Yoice Skom MCs menjelaskan pertengahan bulan Januari 2016 pihak UPR telah membentuk tim untuk melakukan sosialisasi terkait seleksi penerimaan calon mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018.

“Secara garis besar perbedaan SNMPTN tahun ini yakni pada persyaratan siswa pendaftar dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah. Sekolah dengan akreditasi A, 50 persen siswa terbaiknya akan diterima dari jalur tanpa tes ini. Untuk akreditasi B sebanya 30 persen, akreditasi C ada 10 persen, dan akreditasi lainnya 5 persen. Sementara, untuk pemeringkatan dilakukan oleh panitia pusat,” jelasnya.

Sosialisasi yang dilaksanakan di dua kabupaten bagian barat Kalimantan Tengah (Kalteng) tersebut disambut antusias. Hampir semua perwakilan sekolah yang ada di wilayah tersebut hadir baik perwakilan sekolah dan para siswanya.

“Tahun ini yang menjadi sasaran sosialisasi ada beberapa daerah diantaranya kabupaten, Pulang Pisau, Kapuas, Sukamara dan Lamandau. Sedangkan untuk kabupaten lain telah dilakukan tahun lalu,” ucap Betty, Senin (6/2).

Tidak jauh berbeda dengan materi yang disampaikan pada Sosialisasi tahun sebelumnya, sosialisasi juga menyampaikan tentang pelaksanaan pengisian Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) harus diselesaikan sebelum tanggal 10 Februari 2017.

Sebagaimana diketahui jadwal SNMPTN dimulai dari pengisian (PDSS) oleh pihak sekolah, tanggal 14 Januari sampai dengan 10 Februari 2017, dilanjutkan tahapan verifikasi data oleh siswa dan sekolah di PDSS tersebut mulai tanggal 15 Januari hingga 12 Februari 2017.

Selanjutnya adalah proses pendaftaran oleh siswa secara online pada tanggal 21 Februari hingga 06 Maret 2017. Proses seleksi sendiri dilaksanakan pada 16 Maret sampai 15 April, sedangkan pengumuman hasil seleksi tanggal 26 April 2017.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) perguruan tinggi di Kalteng.