«

»

Feb 14 2017

Sosialisasi Bidik Misi 2017 Berakhir

Universitas Palangka Raya (UPR) melalui Tim Sosialisasi dan Promosi Bidik Misi tahun 2017, menggelar sosialisasi bidik misi di aula Palangka Universitas Palangka Raya, Sabtu (11/2). Kota Palangka Raya merupakan daerah terakhir menjadi tempat digelarnya sosialisasi program beasiswa masuk perguruan tinggi tersebut.

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya kouta bidik misi yang diterima oleh UPR berkisar di angka 900, misal tahun 2014 ada sebanyak 935 kouta bidik misi, 2015 ada 990  dan 2016 ada sewbanyak 916. Serta yang paling membanggakan didominasi oleh pemerima yang merupakan putra daerah Kalteng.

“Data kita jumlah sekolah yang terlibat di program Bidik misi di Palangka Raya ada 31 sekolah SMA sederajat yang pernah mendapat program bidik misi tahun 2016. Untuk seluruh Kalteng ada 183 sekolah. Kita harap ini selalu meningkat, sehingga kouta bidik misi UPR terserap oleh putra daerah Kalteng,” ungkapnya.

Bambang menjelaskan pola seleksi bidik misi ini, masih  sama dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2016 jalur untuk masuk bidik misi ke Perguruan Tinggi Negeri melalui tiga jalur antara lain jalur SNMPTN, jalur SBMPTN dan jalur Mandiri.

Untuk mendaftar di bidik misi ini harus melakukan beberapa persyaratan diantaranya adalah siswa yang akan lulus tahun ini, usia paling tinggi adalah 21 tahun, tidak mampu secara ekonomi dan yang terpenting didaftarkan oleh sekolah di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

“Yang mengungtungan melalui jalur Bidik Misi ini, kalau ia tidak lulus SNMPTN maka saat ia mendaftar SBMPTN ia tidak dipungut biaya lagi asal ia menunjukan Pin dan KAP yang ia terima saat mendaftar Bidik Misi,” ucapnya.

“Mulai 1 Februari 2017, kita telah mengelilingi 13 Kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam rangka mensosialisasikan Program Beasiswa Bidik Misi. Dan Palangka Raya menjadi tempat kita terakhir menjadi tempat kita sosialisasi program beasiswa masuk perguruan tinggi ini,” ucap Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UPR, Prof Dr Bambang S Laut MSc.

Bambang yang juga menjadi penanggung jawab Tim Sosialisasi Bidik Misi itu mengatakan, banyak siswa Palangka Raya yang mempunyai peluang besar untuk mendapatkan program beasiswa bidik misi ini. Ia berharap siswa di Palangka Raya dapat memaksimalkan kesempatan baik tersebut.

“Program Bidik misi akan segera di buka, Kami merasa Palangka Raya adalah salah satu daerah yang anak-anaknya berpotensi untuk mendapatkan bidik misi ini,” katanya.

Kegiatan Sosialisasi Bidik Misi yang dilakukan oleh UPR didukung dan difasilitasi oleh Dinas Pendidikan Kalteng dengan menghadirkan ratusan Siswa dan Guru dari lingkungan sekolah menengah atas (SMA) sederajat di Palangka Raya.

“Kami mendukung penuh kegiatan sosialisasi ini, kami berharap guru-guru yang hadir di sini dapat menjadi ujung tombak kami dalam menyebarluaskan informasi ini ke peserta didik calon mahasiswa,” ucap Kepala Dinas Pendidikan Kalteng Drs H Nurul Edy MSi melalui Kabid SMK, Drs Suladeri MPd, saat membuka kegiatan tersebut.