Semirata BKS Barat, Pemindahan Ibukota Negara, Kalteng Siap

Wacana pemindahan ibukota Jakarta ke kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah terus bergulir. Rektor UPR, Dr Andrie Elia SE MSi mengakui pada prinsipnya Kalimantan Tengah telah siap, jika pemindahan ibu kota negara berada di wilayahnya.

Semirata dengan tema “opportunities, challenges and dynamics of Palangka Raya as the capital city of the republic of Indonesia” menghadirkan narasumber diantaranya Rektor UPR, Dr Andrie Elia SE MSi, Prof MP Lambut Ems dari ULM, Prof Dr Syafsir Akhlus MSc, ketua BKS Barat.

“Sekarang ini, kita intinya siap provinsi Kalteng itu untuk menjadi pusat pemerintahan Republik Indonesia yang dicanangkan oleh presiden pertama Sukarno pada 1957,” kata Rektor UPR saat jadi narasumber Semirata BKS Barat di Hotel Luwansa, Sabtu (24/11).

Menurut Rektor, Kalimantan Tengah akan mempersiapkan lahan seluas 300 hingga 500 ribu hektar untuk dijadikan ibu kota. Lokasinya sendiri disebut sebagai segitiga emas yaitu antara di kawasan Palangka Raya, Katingan, dan Gunung Mas.

Lebih lanjut Rektor mengatakan, pemindahan ibukota akan memberikan dampak positif bagi masyarakat asli daerah. Itu karena tentunya wilayah yang menjadi ibukota baru itu nantinya mengalami kemajuan pesat di bidang tata kota, infrastruktur, hingga ekonomi.

“Latar belakang sejarah menunjukkan Palangka Raya sudah pernah tiga kali diusulkan dan dikaji sebagai ibukota RI oleh tiga Presiden yang berbeda, yakni Soekarno, SBY, dan Jokowi. Dari segi letak di tengah-tengah negara kepulauan Indonesia yang strategis. Secara luas lahan, Palangka Raya empat kali lebih luas dari pulau Jawa sehingga masih sangat besar peluang dalam perencanaan dan perancangan ruang kota. Penetapan Palangka Raya sebagai ibukota otomatis akan memperbaiki kualitas lingkungan Kalimantan seperti hutan tropis dan air,” bebernya.

Melalui Semirata ini diharapkan menjadi wadah diskusi publik terhadap wacana pemindahan ibukota Pemerintahan Republik Indonesia ke Provinsi Kalimantan Tengah, serta pengaruh kebijakan pemerintah terhadap daerah dan masa depan Indonesia dengan mengacu pada kajian akademis, pungkasnya.

Permanent link to this article: http://www.upr.ac.id/semirata-bks-barat-pemindahan-ibukota-negara-kalteng-siap/