Seminar Nasional Agribisnis Faperta

Dalam rangka dies natalis ke 25 jurusan Sosial Ekonomi Pertanian program studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya, menggelar Seminar Nasional dengan tema Kerjasama Pemerintah dan Dunia Usaha, Untuk Mendukung Pembangunan Nasional Yang Berkelanjutan,  (29/11) di aula hotel Neo, Palangka Raya.

Menurut Rektor dalam hal ini disampaikan wakil Rektor bidang Umum dan Keuangan, Dr Suriansyah Murhaini SH MH memaparkan, untuk mendukung pembangunan nasional berkelanjutan diperlukan upaya bersama dalam memahami konsep pentingnya arti kesinambungan terutama pemerintah dan dunia usaha.

Lebih lanjut Dr Suriansyah Murhaini SH MH mencontohkan, CSR atau coorporate social responsibility kini menjadi salah satu topik umum dimana perusahaan sebagai bagian dari masyarakat selalu menginginkan adanya keberlanjutan lingkungan hidup dimana tempatnya melakukan usaha.

Maka dari itu, perusahaan diharapkan dapat menyadari adanya sebuah tanggungjawab atas tindakan operasional yang dilakukan terhadap masyarakat dan lingkungan.

“Paradigm sebagian perusahaan memang telah bergeser dari single bottom line (profit) menuju triple bottom line (profit, people, planet). Adanya perubahan paradigm perusahaan saat ini, setidaknya didasari oleh pemahaman atas prasyarat pembangunan berkelanjutan,” terang Dr Suriansyah Murhaini SH MH.

 

Karenanya, untuk meningkatkan peran perusahaan dalam pembangunan berkelanjutan, diperlukan dukungan para pimpinan perusahaan. Sudah saatnya para pemimpin perusahaan harus mengubah semboyan klasik mereka “Waktu Adalah Uang” menjadi “Uang Adalah Kehidupan”.

 

“Mengejar keuntungan adalah wajib, tetapi disamping untuk memenuhi kebutuhan pribadi atau perusahaan, juga untuk berbuat kebaikan pada sesama dengan membuat mereka yang kurang mampu menjadi pintar dan lebih berdaya serta mandiri,” pungkas Wakil Rektor.

 

Sementara, Seminar Nasional ini juga didukung oleh T. Astra Agro Lestari Tbk, PT. Sinarmas, Agribusiness, Resources and Technology (SMART) PT. Mulia Sawit Agro Lestari.

Permanent link to this article: http://www.upr.ac.id/seminar-nasional-agribisnis-faperta/