Sejarah

Awal pembentukan Universitas Palangka Raya (UPR) dilakukan pada tahun 1963 oleh Panitia Persiapan Pembentukan Universitas di Kalimantan Tengah yang mendapat dukungan formal dari Pemerintah Daerah Kalimantan Tengah. Hasil kerja panitia tersebut adalah berdirinya universitas negeri di Kalimantan Tengah dengan nama Universitas Palangka Raya yang diresmikan oleh Menteri PTIP berdasarkan Surat Keputusan Nomor 141 Tanggal 10 November 1963. Pada saat itu pimpinan universitas adalah Presidium dan terdapat tiga fakultas yaitu Fakultas Ekonomi,Fakultas Pertanian dan Fakultas Kehutanan. Pada saat yang bersamaan berdiri pula IKIP Bandung Cabang Palangka Raya dengan dua fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan Fakultas Keguruan Ilmu Sosial (FKIS). Pada tanggal 24 Juli 1969,
IKIP Bandung Cabang Palangka Raya tersebut diintegrasikan ke dalam UNPAR.

Dalam perjalanan selanjutnya, Fakultas Pertanian dan Fakultas Kehutanan yang waktu itu ditempatkan di Kuala Kapuas, hanya dapat berjalan kurang lebih satu tahun. Pada tahun 1973, FKIS dirubah namanya menjadi Fakultas Keguruan. Oleh karena itu, sampai dengan tahun 1981 Universitas Palangka Raya hanya memiliki tiga fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Keguruan. Pada tahun yang sama, pimpinan universitas berubah dari Presidium menjadi Rektor.
Menyadari kebutuhan akan tenaga-tenaga terampil di bidang pertanian dan kehutanan di Kalimantan Tengah, maka pada tahun 1981 Universitas Palangka Raya membuka fakultas baru yaitu Fakultas Non-gelar Teknologi (FNT) yang menyelenggarakan program pendidikan pada jenjang diploma tiga (D-3). Pada tahun 1982, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Keguruan digabung menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) hingga sekarang. Sementara itu pada tahun 1991 diresmikan berdirinya Fakultas Pertanian sebagai pengganti Fakultas Non-gelar Teknologi.

Dalam perkembangan selanjutnya, pada tahun 2000 berdiri Fakultas Teknik, tahun 2003 berdiri Fakultas Hukum, Program Pascasarjana berdiri pada tahun 2004, dan tahun 2012 FISIP diresmikan. Sejak tahun 2013 status Program Studi Pendidikan Dokter telah dinaikkan menjadi Fakultas Kedokteran. Pada tahun 2018, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam resmi berdiri. Dengan demikian, sampai sekarang Universitas Palangka Raya telah mempunyai delapan fakultas dan satu Program Pascasarjana yakni: (1) Fakultas Ekonomi, (2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, (3) Fakultas Pertanian, (4) Fakultas Teknik, (5) Fakultas Hukum, dan (6) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, (7) Fakultas Kedokteran, (8) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan (9) Program Pascasarjana.

Permanent link to this article: http://www.upr.ac.id/sejarah/