Grand Strategy Pengembangan UPR

rektoratUPR

VISI

Visi UPR adalah : menjadi perguruan tinggi terkemuka yang menghasilkan sumberdaya manusia bermutu, bermoral Pancasila, berdaya saing, dan sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan penekanan pada daerah rawa gambut tropika serta daerah aliran sungai dan lingkungannya untuk mendukung pembangunan daerah dan nasional yang berkelanjutan.

TAHAPAN PENGEMBANGAN

Berdasarkan posisi strategis saat ini, maka dalam rangka pencapaian visi di atas, pengembangan UPR akan dilakukan melalui beberapa tahapan sebagai berikut:

Periode tahun 2015-2019: Menjadi universitas pembelajaran bermutu yang sehat organisasi

Pada periode ini, prioritas pengembangan ditekankan kepada pembenahan tata kelola organisasi untuk meningkatkan efesiensi, transparansi dan akuntabilitas. Sistem pengelolaan universitas akan diperbaiki dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Selain penerapan teknologi, budaya kerja korporatif dan sinergis juga terus disosialisasikan dan diterapkan dalam pengelolaan UPR. Perubahan paradigma pengelolaan ini juga harus disampaikan secara terus menerus kepada publik untuk menjaga akuntabilitas UPR.

Selain itu, untuk menjadi universitas pembelajaran bermutu maka ke depan UPR akan melakukan optimalisasi pendayagunaan semua sumberdaya yang ada. Optimalisasi sumberdaya ini akan dimulai dengan melakukan revitalisasi sistem perencanaan universitas dan memanfaatkan secara optimal semua potensi kerjasama dengan stakeholders.

Peningkatan juga akan dilakukan terhadap kinerja sumberdaya manusia baik dosen maupun tenaga kependidikan. Pembelajaran bermutu juga akan dicapai dengan meningkatkan dana operasional dan mengoptimalkan pengelolaan keuangan universitas, peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, peningkatan status akreditasi institusi dan program studi, peningkatan relevansi kurikulum, peningkatan produktivitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta optimalisasi pelayanan akademik kepada mahasiswa.

Periode tahun 2020-2024: Menjadi universitas pembelajaran unggul berbasis riset

Setelah memantapkan dirinya sebagai universitas pembelajaran bermutu yang sehat organisasi, pada 5 tahun berikutnya UPR akan memasuki tahapan pengembangan menuju sebuah universitas pembelajaran unggul yang berbasis riset. Pada periode ini, dengan tetap mengembangkan kualitas Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, maka arah pengembangan universitas akan lebih difokuskan kepada pengenalan budaya riset di semua fakultas dan program studi yang ada di UPR.

Untuk selanjutnya hasil-hasil riset tersebut akan dijadikan sebagai bahan perkuliahan sehingga UPR dapat menghasilkan lulusan yang unggul karena selama belajar di UPR para mahasiswa sudah dibekali dengan ilmu pengetahuan terkini yang didapat dari literatur terkini dan juga dari inovasi dan pengembangan teknologi terbaru yang didapat dari hasil-hasil riset yang dikembangkan sendiri di UPR.

Periode tahun 2025-2029: Menjadi universitas riset dengan keunggulan komparatif lokal

Dengan budaya riset yang sudah dimilikinya, UPR pada periode tahun 2025-2029 siap untuk menjadi universitas riset dengan keunggulan komparatif lokal. Artinya, semua dosen dan mahasiswa pada periode ini harus mengarahkan tema-tema penelitiannya untuk memanfaatkan dan mengembangkan teknologi berbasis sumberdaya lokal. Sumberdaya lokal ini bisa berupa sumberdaya alam, kearifan lokal, sosial budaya dan seni.

Pada periode ini, hasil-hasil riset berkualitas tinggi yang berbasis sumberdaya lokal di UPR sudah mulai dipublikasikan di jurnal-jurnal nasional terakreditasi dan jurnal-jurnal internasional bereputasi. Dengan reputasi publikasi yang semakin bermutu tersebut, maka dana-dana penelitianpun akan semakin meningkat di UPR sehingga sudah mulai bisa berkontribusi kepada dana operasional pengelolaan universitas.

Pada tahun 2029 diharapkan UPR sudah dikenal para peneliti baik di dalam maupun luar negeri sebagai sebuah universitas yang memiliki relung (nich) penelitian sendiri yang pada akhirnya akan menjadi sumber kekuatan dan keunggulan universitas ini dibandingkan universitas lain di Indonesia.

Periode tahun 2030-2034: Menjadi universitas riset berdaya saing Nasional dan internasional

Dengan budaya riset yang sudah mengakar dan hasil-hasil riset berkualitas yang dihasilkan serta kemampuan kompetisi untuk mendapatkan dana-dana hibah penelitian yang semakin baik, maka UPR telah memasuki tahapan sebagai sebuah universitas riset yang berdaya saing baik nasional maupun internasional.

Kemampuan untuk bersaing ini perlu terus dipelihara dan diperbaiki dengan terus menerus meningkatkan budaya riset bagi dosen dan mahasiswa, membangun jaringan kerjasama riset baik dengan mitra di dalam maupun luar negeri. Pada tahap ini, dengan dana operasional yang bersumber dari kegiatan riset yang terus meningkat,UPR diharapkan sudah mencapai sebuah universitas berskala internasional yang akan mulai diminati oleh mahasiswa dan peneliti asing untuk belajar dan melakukan kegiatan penelitian di UPR.