Rektor Meresmikan Gedung Loket Pelayanan mahasiswa Universitas Palangka Raya

Dalam suasana yang berbahagia ini, perkenankan saya mengajak hadirin sekalian ,untuk mempersembahkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Karena hanya atas berkat dan penyertaanNyalah sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul ditempat ini, dalam keadaan sehat wal’afiat untuk mengikuti acara Peresmian Gedung Loket Layanan Bagi Mahasiswa Universitas Palangka Raya.
Perlu kami sampaikan bahwa Universitas Palangka Raya pada tahun 2015 ini telah berusia 52 tahun. Peran serta Civitas Akademika Universitas sangat besar terhadap pendirian dan kemajuan Universitas Palangka Raya, hingga ketahap perkembangan yang bisa kita lihat sampai sekarang ini. Universitas Palangka Raya terdiri dari 7 Fakultas dan 1 Program Pascasarjana dengan jumlah mahasiswa kurang lebih 17.309 orang, yang dilayani oleh 945 orang dosen yang terdiri dari 28 orang Profesor, 155 orang S.3 bergelar Doktor dan 762 bergelar Magister serta didukung oleh 288 orang staf Administrasi Kependidikan. Serta tahun depan akan menerima mahasiswa baru untuk Fakultas MIPA dan Pembukaan Program S.3 Ilmu Lingkungan yang sudah mendapat ijin oleh Menristek Dikti.
Universitas Palangka Raya telah memiliki sumber daya manusia, untuk melaksanakan kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang cukup dikenal di tingkat Nasional dan Internasional khususnya pada bidang lingkungan hidup, dan lahan gambut.
Saya juga berhadap supaya Pusat Studi dan Pusat Studi yang ada di Lingkungan Universitas Palangka Raya untuk dimaksimalkan dalam Pengelolaan Lingkungan dalam rangka pengendalian kebakaran lahan yang masif seperti yang sudah kita rasakan beberapa waktu yang lalu, saya juga berharap supaya jangan lagi terulang kebakaran lahan yang dilakukan secara sengaja dalam rangka pembersihan lahan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan cara membakar.

Sebagai organisasi besar yang mengemban amanah untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia pada jenjang pendidikan tinggi, Universitas Palangka Raya perlu melakukan transformasi dengan menerapkan manajemen profesional yang efisien, efektif dan akuntabel. Karena itulah Visi yang saya angkat dalam memimpin Universitas Palangka Raya sejak kurang lebih 2 tahun yang lalu adalah “Peningkatan daya saing Universitas Palangka Raya melalui manajemen sinergis berbasis ICT yang efisien, akuntabel dan transparan”.
Merupakan keinginan kita semua untuk mewujudkan kampus Universitas Palangka Raya yang maju dan berdaya saing seperti yang dicantumkan dalam visi Universitas Palangka Raya untuk Menjadi Perguruan Tinggi terkemuka yang menghasilkan sumberdaya manusia bermutu, bermoral Pancasila, berdaya saing, dan sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan penekanan pada daerah rawa gambut tropika serta daerah aliran sungai dan lingkungannya untuk mendukung pembangunan daerah dan nasional yang berkelanjutan.
Untuk mencapai visi besar tersebut maka kita perlu melakukan transformasi di segala bidang baik fisik, sumberdaya manusia dan strategi pengelolaan universitas yang sinergis Acara peresmian gedung loket pelayanan mahasiswa ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Pekan Pencanangan Transformasi di Universitas Palangka Raya.
Pembangunan gedung ini menunjukkan komitmen pimpinan Universitas Palangka Raya untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada seluruh mahasiswa serta sebagai layanan publik yang lebih berkualitas sesuai dengan keiginan dan komitmen kita bersama menerapkan layanan prima dan komprehensif. Peresmian gedung ini merupakan acara simbolik peresmian semua sarana dan prasana fisik Universitas Palangka Raya tahun Anggaran 2015 yaitu Gedung Loket Layanan Mahasiswa, Gedung Laboratorium Program Studi Teknik Mesin dan Program Teknik Mesin serta Gedung Pascasarjana bertingkat dua. Pada kegiatan peresmian ini dilakukan penanaman pohon dalam rangka mewujudkan suasana yang hijau, asri dan nyaman melalaui program green campus Universitas Palangka Raya.
Saya mengajak kita untuk bekerja keras, dalam mewujudkan kampus yang lebih indah, lebih hijau, lebih maju dan lebih berkualitas sehingga terciptanya kampus yang menjadi harapan kita bersama yaitu Universitas Palangka Raya yang maju dan terdepan dalam peningkatan kualitas dan kuantitas.
Ucapan terimakasih saya sampaikan kepada seluruh panitia yang mempersiapkan acara ini dengan baik, serta seluruh tim yang telah bekerja dengan maksimal dalam rangka mewujudkan kampus yang semakin baik dan semakin maju. Saya kira perlu kita semua memupuk rasa kebersamaan dan kekeluargaan dalam mencapai harapan kita semua yaitu untuk tetap menjaga agar kampus Universitas Palangka Raya terhormat di mata masyarakat di Kalimantan Tengah dan Indonesia pada umumnya.
.