Puluhan Dosen Ikuti Pelatihan Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat

pr2

Sebanyak 60 Dosen dilingkungan Perguruan Tinggi Negeri/Swastas di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengikuti Pelatihan Metodologi Pengabdian kepada Masyarakat yang diselenggarakan Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Palangka Raya (LPKM UPR).

Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan Kapasitas Dosen di Perguruan Tinggi Negeri/Swastas dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan tinggi terutama dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.

“Peserta kegiatan ini terdiri dari UPR sebanyak 32 orang, IAIN ada 1 orang, Poltekkes sebanyak 15 orang, PGRI ada 3 orang dan STAHN ada 9 orang,” ucap Ketua Panitia Penyelenggara Ir Pordamantra M.Eng.

Selain itu, Ia menjelaskan dalam kegiatan itu para peserta akan diberikan pengetahuan tentang mekanisme penyusunan  proposal permohonan dana hibah (Bantuan) dalam penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat.

Menurutnya saat ini Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemensitek Dikti RI) telah menyediakan banyak dana yang akan dihibahkan bagi para dosen yang ingin melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Untuk mendapatkan dana hibah tersebut, para tenaga pengajar di perguruan tinggi (Dosen) harus membuat proposal yang memenuhi aturan dan syarat yang ditentukan oleh pihak Kemensitek Dikti, dan  itu akan dipelajari dalam pelatihan ini.

“Dalam latihan ini materi yang kita suguhkan seperti penyusunan proposal yang kompetitif, bagai mana menyusun anggaran biaya dan laporan keuangan yang baik serta dalam penulisan artikel pengabdian para dosen,” ungkapnya.

Pihaknya berharap dengan adanya pelatihan para dosen itu dapat meningkatakan jumlah penerima dana hibah pengabdian kepada masyarakat  dimana ia mengakui bahwa potensi para dosen di Kalteng sangat besar untuk mendapatkan dana tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Lembaga Penelitian UPR, Rabu (5/10) dibuka secara langsung oleh Rektor UPR Prof Dr Ferdinand MS yang melalui Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Kepegawaian UPR, Lewie Rahu SH MH.

Lewie yang didampingi Plt Ketua LPKM UPR Prof Dr Joni Bungai MPd mengungkapkan dukungan pihaknya atas kegiatan yang dilaksanakan LPKM UPR. Pihakanya berharap dengan kegiatan tersebut dapat meningkatkan kualitas para dosen dilingkungan Kalteng yang nantinya akan berhak menerima dana hibah dari Kemensitek Dikti dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat.

“Kemensitek Dikti saat ini tengah menyediakan banyak bantuan dana hibah untuk para dosen yang ingin menjalankan tri dharma perguruan tinggi salah satunya pengabdian kepada masyarakat, jadi sayang kalau hal tersebut tidak dimamfaatkan oleh dosen-dosen di Kalteng,” tutupnya.

Permanent link to this article: http://www.upr.ac.id/puluhan-dosen-ikuti-pelatihan-metodologi-pengabdian/