Pesparawi Mahasiswa Tingkat Nasional 2018, UPR Raih 2 Emas

Tim Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Universitas Palangka Raya (UPR) pada Pesparawi Mahasiswa Tingkat Nasional XV di Papua Barat, 14-19 Juli 2018, menorehkan hasil membanggakan, dimana berhasil meraih 2 emas.

Adapun 2 emas yang berhasil diraih Tim Pesparawi UPR tersebut adalah masing-masing untuk kategori Sakra dan Gospel.

Wakil Rektor III UPR, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof Dr Bambang S Laut MSi, menjelaskan Pesparawi mahasiswa event 2 tahunan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenrestekdikti), dimana untuk Tahun 2018 diikuti 37 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia, seperti dari UI Jakarta, kemudian dari Jawa Timur, Jawa Tengah.

Menurut Prof Bambang, selain lomba paduan suara, juga dilaksanakan sarasehan pimpinan perguruan tinggi, diantaranya menetapkan sejumlah calon tuan rumah, untuk kegiatan 2 tahun mendatang, juga dilakukan evaluasi kegiatan yang sedang berjalan, serta dilaksanakan Work Shop tentang musik gerejawi.

Terkait keberhasilan Kontingen Pesparawi UPR tersebut menurut Bambang S Laut yang ketika itu didampingi Tim Pendamping dari Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Kalteng, Dr Ir Adi Jaya MSi, melihat bahwa semua itu tidak terlepas dari persiapan tim yang maksimal.

“Tim UPR betul betul mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba dengan maksimal, latihan 4 bulan penuh, 3 kali dalam seminggu yakni Senin, Rabu dan Jumat. Selain itu juga melaksanakan pemusatan latihan (TC) selama 5 hari, dengan mengudang pelatih Dr Karen dari Yogyakarta, yang secara intensif melatih baik cara bernyanyi, gerakan dan seterus, mereka dipoles, dan hasilnya luar biasa,’’ ungkap Bambang lagi.

Menurut Bambang, sejak awal tampil di Pesparawi Tingkat Nasional 2018, Tim UPR yang beranggotakan sebanyak 37 orang yang berasal dari berbagai Fakultas di UPR, ditambah dengan official dan pelatih serta pendamping itu, memang dijagokan penonton.

Ini dapat dilihat ketika tim tampil, selalu mendapat aplus meriah dari penonton. Sesuai aturan dewan juri, setiap tim yang tampil membawa 2 lalu, aplus baru boleh diberikan pada penampilan terakhir atau lagu kedua.

Tetapi, ketika Tim dari UPR tampil, baru dilagu pertama, sudah mendapat aplus dan tepuk tangan meriah dari penonton. Begitu pula, ketika tampil membawa lagu terakhir, tepuk tangan makin meriah memenuhi auditorium Universitas Negeri Papua.

Menurut Prof Bambang Laut, keberhasilan meraih 2 emas tersebut merupakan prestasi yang luar biasa, karena selama keikutsertaan pada Pesparawi Tingkat Nasional, jarang sampai meraih juara 3, dari 2010 mengikuti Pesparawi ini suatu prestasi yang membanggakan dan sangat luar biasa.

Bambang berharap apa yang sudah didapat ini, betul betul dipertahankan, kemudian bisa ditingkatkan lagi oleh para penerus nantinya, dan ini juga menjadi idaman dan perhatian penuh dari Rektor UPR, Dr Ir Agus Indardjo MPhil, yang selalu memantau perkembangan dari tim.

Dalam kesempatan itu, Bambang S Laut atas nama pimpinan UPR mengucapkan terima kasih atas dukungan berbagai pihak seperti dari UPR, Pemerintah Provinsi Kalteng dan juga dari Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah Kalteng, atas dukungan terhadap Tim Pesparawi UPR, sehingga berhasil meraih 2 emas tersebut.

Permanent link to this article: http://www.upr.ac.id/pesparawi-mahasiswa-tingkat-nasional-2018-upr-raih-2-emas/