Rektor UPR membuka kegiatan Pertemuan Satuan Pengawas Intern (SPI) se Indonesia

Sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam upaya penguatan tatakelola dan akuntabilitas penyelenggaraan tugas dan fungsi serta kegiatan dalam suatu institusi, maka perlu mendapat pengawasan secara sistematik agar terkendali, efisien dan efektif sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Hal ini diungkapkan Rektor Universitas Palangka Raya (Unpar) Prof Dr Ferdinand MS saat membuka kegiatan Pertemuan Satuan Pengawas Intern (SPI) se Indonesia yang dilaksanakan di Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya, Selasa (15/9) malam.

Dalam kesempatan itu, Ferdinand mengatakan, bahwa peran SPI  akan sangat strategis agar apa yang menjadi tujuan dari upaya penguatan tatakelola dan akuntabilitas yang dilaksanakan dalam sebuah institusi yang dalam hal ini perguruan tinggi dapat berjalan dengan baik dan dapat mencapai tujuan sebagaimana yang diharapkan.

Oleh sebab itu, menurut Ferdinand peran SPI harus dioptimalkan , khususnya yang berkenaan dengan fungsi penyusunan program pengawasan pengelolaan kepegawaian, keuangan dan barang milik negara. Selain itu juga pemantaian dan pengkoordinasian tindak lanjut hasil pemeriksaan internal dan eksternal serta pendampingan dan review laporan keuangan, pemberian saran dan rekomendasi, penyususnan hasil pengawasan dan pelaksanaan hasil pengawasan.

“ Menyadari besarnya amanah yang diemban oleh SPI perguruan tinggi, tentunya melalui kegiatan seperti ini akan dapat dijadikan wahana untuk saling berbagai pengetahuan dan pengalaman di dalam melaksanakan pengawasan internal di unit kerja masing masing,” ungkap Ferdinand.

Sehingga menurut Ferdinand, keberadaan SPI akan dapat benar-benar sebagai mantra pimpinan didalam pengeloaan manajemen yang semakin transparan dan akuntabel, sejalan denga program reformasi birokrasi yang sedang dilaksanakan di semua institsi saat ini.

“ Kami Civitas Akademika Unpar sangat mendukung dan memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan seperti ini. Dengan harapan kegiatan ini dapat diperoleh hasil maksimal di dalam upaya kita meningkatkan peran dan fungsi dari SPI di dalam mengawal pelaksanaan penguatan tatakelola dan akuntabilitas pelaksanaan kebijakan , program dan kegiatan agar tetap berada pada koridor yang benar sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pada acara yang bertemakan Optimalisasi Peran Satuan Pengawas Intern di Perguruan Tinggi” ini dihadiri oleh Ketua Farum SPI Perguruan Tinggi se Indonesia. Hadir juga Inspektur Jenderal Kementrian Riset Teknologi dan PEndidikan Tinggi, Prof Dr Jamal Wiwoho, SH M Hum.(bud/k)

Permanent link to this article: http://www.upr.ac.id/peran-spi-harus-dioptimalkan/