Peneliti UPR bangun Early Warning System untuk Kebakaran Gambut

MEMANFAATKAN lahan gambut khususnya untuk lahan pertanian pangan, tidak mudah. Meski ada cara dan metode pertanian tertentu, bertani di lahan gambut memerlukan banyak tenaga dan pupuk misalnya, lantaran gambut memiliki sedikit kandungan nutrisi untuk tanaman.

Ketika, sudah bersusah payah menanam dan berhasil, kebakaran lahan kerap mengancam para petani. Lantaran kebakaran pekarangan, lahan, dan hutan diyakini dapat dipadamkan dengan cara berkelompok atau tim.

Pada penelitian ini dikembangkan sistem pendeteksi dini untuk daerah gambut berbasis web yang dapat di akses di www.kaltengpeatlandfire.org. sebuah riset dikembangkan para peneliti Universitas Palangka Raya; Dr. Nina Yulianti, Dr. Rony Teguh, Dr. Betrixia Barbara, dan E K Firdara. S.Hut. MP melalui hibah penelitian MP3EI DIKTI.

Mencegah kebakaran semakin besar dan langkah deteksi dini (fire early warning), para peneliti menciptakan cara mengatasinya. Meski untuk teknis pemadaman, sepertinya tetap manual dan masih terkendala Sumber Daya Manusia (SDM).

Permanent link to this article: http://www.upr.ac.id/peneliti-upr-bangun-early-warning-system-untuk-kebakaran-gambut/