Pekerti Tingkatkan Kompetensi Dosen

Untuk meningkatkan kompetensi profesional dosen, Universitas Palangka Raya (Unpar) melalui Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPKM) menggelar Pelatihan Keterampilan Teknik Instruksional (Pekerti), 18-24 November 2015. Mewakili Rektor Unpar Prof Dr Ferdinand MS, Pembantu Rektor I Prof Dr I Nyoman Sudyana MS menerangkan, Pekerti merupakan salah satu cara untuk mewujudkan Unpar sebagai research university terutama dalam hal teaching quality atau proses pembelajaran.“Selain itu pelatihan ini berguna meningkatkan produktivitas dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan berdasarkan paradigma baru manajemen pendidikan tinggi yang berasas otonomi, evaluasi, akutabilitas, dan akreditasi yang bermuara pada peningkatan kualitas yang berkelanjutan,” jelasnya.

Nyoman menyebut, perkembangan dan perubahan kehidupan masyarakat membawa dampak terhadap kebutuhan masyarakat itu sendiri. Maka, para insan akademik harus memiliki cara pandang yang jauh ke depan untuk menyikapi secara cerdas perubahan tersebut.Dalam hal ini, lanjut dia, perguruan tinggi mempunyai kewajiban untuk meningkatkan kualifikasi sumber daya yang baik melalui pendidikan lanjut serta pelatihan-pelatihan yang berorientasi pada peningkatan intelektualitas kinerja di lingkungannya masing-masing.

“Tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan dasar-dasar pedagogik dan etika akademik bagi dosen, khususnya dosen baru yang belum mempunyai jabatan akademik Lekto. Peserta juga diberikan wawasan tentang perubahan paradigma baru di perguruan tinggi,” ungkapnya.Ketua LPKM Unpar Prof Dr Joni Bungai MPd mengatakan, Pekerti bertujuan agar peserta pelatihan, dosen/ widyaiswara, mampu merancang program pembelajaran jangka waktu satu semester serta melaksanakan pembelajaran berdasarkan paradigma baru pembelajaran di perguruan tinggi.

Joni mengharapkan semua peserta aktif berpartisipasi minimal 80 persen tatap muka dari 48 jam pelajaran dan kegiatan mengajar mikro. Dan, setelah selesai mengikuti pelatihan ini peserta juga mampu merancang program pembelajaran jangka waktu satu semester, jangka pendek dan mampu merancang dan melaksanakan evaluasi hasil belajar.Ketua Panitia Ir Hj Melhanah MP menambahkan, kegiatan Pekerti yang dimulai dari 18-14 November 2015 di Aula Fakultas Teknik Unpar itu diikuti sebanyak 45 peserta, terdiri dari 29 dosen dari berbagai fakultas di Unpar, 8 orang dari Poltekes Kemenkes Palangka Raya dan 8 dosen dari Universitas PGRI Palangka Raya.

“Sebagai narasumber kegiatan ini adalah dosen-dosen Unpar yang memiliki sertifikat sebagai Tim Pekerti. Tim tersebut adalah Prof Dr Joni Bungai MPd, Prof Dr I Nyoman Sudyana MSc, Prof Dr Bambang TK Garang. Prof Dr Wahyuningsih Usadiati M Pd, Dr Hj Tatik Upami MSi, Prof Dr Komang Gde Suastika MSi, Prof Helmuth Y Bunu MPd, Prof Dr Supramono MPd, Dr Berkat Pisi MSi, Ir Hj Melhanah MP, Dr Tonich Uda M Si dan Dr Indra Perdana, MPd,” tutupnya.