Mahasiswa Teknik UPR Sosialisasikan Bak Sampah Mobile

Mahasiswa Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya dengan inovasi “Bak Sampah Mobile” memberikan sosialisasi kepada warga yang bermukim di tepian sungai Kahayan, RT 3 dan RT 4 kelurahan Pahandut seberang, Selasa (8/10).
Menurut Wakil Dekan III, Tatau Wijaya Garib ST MT, kegiatan sosialisasi dilakukan oleh mahasiswa Teknik Sipil Universitas Palangka Raya, agar masyarakat dapat memahami bagaimana pengelolaan sampah yang benar, mulai dari membedakan jenis sampah, pentingnya menjaga hidup bersih dan sehat, pengelolaan lingkungan dan sanitasi.
Lebihlanjut, menurut Tatau, pemilihan program tersebut dilatarbelakangi, minimnya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan dalam hal memilah dan membuang sampah pada tempatnya. Karena masyarakat terbiasa membuang langsung di bawah rumah atau langsung ke sungai.
“Bila terus dibiarkan hal ini dapat mencemari sungai dan memicu berbagai penyakit yang timbul oleh pencemaran lingkungan. Karenanya dengan kegiatan ini, dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemilahan dan pengolahan sampah untuk menjaga lingkungan,” tegas Tatau.
Disamping itu, bila dikelola dengan baik upaya pengelolaan sampah dapat mendatangkan kesejahteraan dan masyarakat dapat mendaur ulang sampah plastik dan kertas untuk bisa menjadi produk yang bernilai jual, terangnya.
Selanjutnya, kegiatan yang sama akan dilaksanakan di kawasan pondok pesantren Hidayatul Insan, Kamis (10/10). Dukungan dari berbagai instansi dan pemerintah untuk dapat melanjutkan kegiatan ini lebih banyak lagi, sebagai upaya mengurangi sampah dan pengelolaan lingkungan guna mewujudkan kota Palangka Raya cantik dan bebas sampah, pungkas Wakil Dekan III Fakultas Teknik ini.

Permanent link to this article: http://www.upr.ac.id/mahasiswa-teknik-upr-sosialisasikan-bak-sampah-mobile/