Mahasiswa Bidik Misi Unpar Dapat Pelatihan Penulisan Skripsi

Skripsi merupakan mata kuliah yang harus ditempuh, diselesaikan, dan dipertahankan oleh mahasiswa hingga dinyatakan lulus dalam sidang/ujian skripsi. Kelulusan dalam sidang/ ujian skripsi merupakan salah satu syarat bagi mahasiswa untuk memperoleh gelar sarjana pada setiap perguruan tinggi di Indonesia.

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam penulisan skripsi, mahasiswa sering mengalami beberapa kendala. Banyak faktor yang menjadi penyebab kendala-kendala itu. Namun demikian, apabila, dikelompokkan, kendala-kendala itu dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu kendala yang bersifat internal dan eksternal.

Kendala internal yang dialami mahasiswa, antara, lain disebabkan oleh: (a) kurangnya pengetahuan tentang bagaimana, cara menemukan topik penelitian/ perancangan yang akan dijadikan bahan skripsi, (b) kurangnya pengetahuan tentang bagaimana cara, menulis skripsi sesuai format yang standar, ucap Purek IV Prof Dr Danes Jaya Negara MSi membuka Pelatihan Penulisan Skripsi bagi Mahasiswa Bidik Misi Universitas Palangka Raya, Senin (5/10) di aula Palangka Unpar.

Sementara, Ketua Panitia Dr Ir I Made Kamiana MT, menjelaskan secara umum, tujuan kegiatan Pelatihan Penulisan Skripsi bagi Mahasiswa Bidik Misi Universitas Palangka Raya adalah untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa, antara lain dalam hal menemukan topik skripsi/ tugas akhir.

Merumuskan masalah dan tujuan penelitian. Merumuskan hipotesis dan pengujian hipotesis penelitian (apabila, ada). Metode penelitian. Teknik penulisan skripsi sesuai format standar dari tiap-tiap fakultas atau jurusan/ program studi di lingkungan Universitas Palangka Raya, lanjutnya.Pemateri Pelatihan Penulisan Skripsi bagi Mahasiswa Bidik Misi tahun 2015, menurut Dr Ir I Made Kamiana MT, terdiri dari beberapa dosen dari lingkungan Universitas Palangka Raya.“Pelaksanaan kegiatan Pelatihan Penulisan Skripsi bagi Mahasiswa Bidik Misi Universitas Palangka Raya tahun 2015 berternpat di Universitas Palangka Raya, mulai dari tanggal 5 s/d 6 Oktober 2015,” pungkasnya. sumber : dayakpost