«

»

Jan 30 2016

LPKM UPR memberikan pelatihan mengenai imunisasi

Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPKM) Universitas Palangka Raya (UPR) melaksanakan kegiatan peningkatan pengetahuan para ibu yang mempunyai balita dalam hal imunisasi. Kegiatan ini dilakukan oleh tim pengabdian yang diketuai Fatmaria SApt dan dr Fransisca Diana MSi di Posyandu Sahati, Kota Palangka Raya, belum lama ini.

Dalam kegiatan tersebut, tim dari LPKM UPR memberikan pelatihan mengenai imunisasi dasar terkait pengertian, tujuan, manfaat, sasaran, jadwal imunisasi dasar dan memberikan pelatihan penanganan awal pada balita pasca imunisasi bagi warga sekitar Posyandu.

Kegiatan ini selain bertujuan untuk menjalankan tri dharma perguruan tinggi dalam hal pengabdian kepada masyarakat, juga untuk memberikan ilmu pengetahuan bagi masyarakat, terutama ibu-ibu yang memiliki balita.

“Kita ingin ibu-ibu memiliki ilmu pengetahuan terkait merawat bayi agar bayi tersebut dapat tumbuh menjadi generasi penerus yang sehat dan cerdas,” ucap Fatmaria.

Dijelaskannya, imunisasi merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit dengan cara memberikan mikroorganisme bibit penyakit berbahaya yang telah dilemahkan (vaksin) ke dalam tubuh, sehingga merangsang sistem kekebalan tubuh terhadap jenis antigen itu di masa yang akan datang.

“Imunisasi bisa saja diberikan pada semua umur. Hanya, beberapa imunisasi efektif diberikan pada usia tertentu. Ada yang pada bayi, anak-anak, remaja bahkan manula. Tergantung jenis imunisasi yang diinginkan,” terangnya.

(tabengan)