LP3MP UPR Gelar Pembekalan DPL KKN 2018

KKN merupakan mata kuliah wajib dan tercantum dalam kurikulum Universitas Palangka Raya dan harus ditempuh oleh semua mahasiswa program Strata 1 (S1). Mata kuliah KKN disiapkan dalam rangka mengembangkan kompetensi mahasiswa melalui pengalaman nyata di masyarakat.

 

Dengan pengalaman tersebut, mahasiswa diharapkan memperoleh kemampuan generative yang berupa life skill (kecakapan hidup) seperti kemampuan berfikir dan bernalar secara analitik berdasarkan sumber empirik dan realistik.

Demikian disampaikan Ketua Pelasana Pembekalan DPL KKN-PPM UPR, Dr Sunaryo N Tuah SE MP saat pembekalan dan penyegaran calon DPL KKN-PPM tahun 2018, Sabtu, (10/3) diikuti sebanyak 35 dosen calon DPL KKN-PPM berasal dari FH, FEB, Faperta, Fisipol, FKIP dan FT.

Sementara, Ketua LP3MP UPR, Prof. Dr. Petrus Purwady MS dalam sambutannya menekankan, menjadi DPL merupakan salah satu wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat. Pelaksanaan KKN-PPM membutuhkan pengawalan, yaitu dengan diadakannya DPL KKN-PPM sebagai pembimbing mahasiswa di lokasi.

“Tugas utama DPL adalah sebagai pembimbing mahasiswa di lokasi KKN-PPM dan tema Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal dan Pelestarian Lingkungan Menuju Masyarakat Sehat, Cerdas dan Sejahtera”, tegas Petrus.

Lebih lanjut Ketua LP3MP UPR, Prof. Dr. Petrus Purwady MS mengatakan, bahwa Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) merupakan ujung tombak pendamping mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan KKN-PPM.

DPL kali ini disiapkan untuk pelaksanaan KKN-PPM UPR yang akan dilaksanakan pada bulan Maret-April yang diikuti kurang lebih 1019 mahasiswa, yang berlokasi di kabupaten Katingan dan kota Palangka Raya.

 

Permanent link to this article: http://www.upr.ac.id/lp3mp-upr-gelar-pembekalan-dpl-kkn-2018/