Komisi X DPR RI Kunjungi UPR

Rombongan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) khususnya Komisi X melakukan kunjungan kerja pada reses masa persidangan IV tahun sidang 2015 -2016 ke provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kunjungan anggota Komisi X yang membidangi bidang pendidikan, kebudayaan, pariwisata, ekonomi kreatif, pemuda, olahraga serta perpustakaan terjadwal dilaksanakan mulai tanggal 30 April hingga 4 Mei 2016.

Setelah melakukan berbagai kegiatan, rombongan yang dipimpin oleh Asdi Narang SH, M.Comm.Law, Senin (2/5) Siang tiba dilingkungan Kampus Negeri terbesar di Kalteng yakni Universitas Palangka Raya (UPR) dalam rangka menyerap masukan aspirasi dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta di Kalteng.

Sebelum melakukan dialog dengan para Pejabat dilingkungan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta Kalteng, rombongan terlebih dahulu melakukan peninjauan di lingkungan kampus UPR baik dari segi Sarana dan Prasarana yang ada.

Pertemuan yang dilaksanakan di Aula Rahan UPR itu dihadiri oleh Rektor UPR, Perwakilan Dari PTN/PTS dilingkungan Kalteng, Pejabat di Jajaran Fakultas UPR, Kepala Dinas Pendidikan Kalteng, Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Kalteng dan Instansi terkait lainnya.

Sementara itu anggota DPR RI Komisi X yang hadir yakni, Drs. Utut Adianto, Puti Guntur Soekarno, Dra SB Wiryanti Sukamani, Drs H A Mujib Rohmat, Ir Dwita Ria Gunadi, Ir Sri Meliyana, Rinto Subekti SE MM, Muslim SH MH, Ir H Teguh Juwarno MSi, H Dedi Wahidi SPd, Dra Hj Lathifah Shohib, Dr KH Surahman Hidayat, Drs Abdul Fikri faqih MM, Dr Reni Marlinawati, M Mahardika Suprapto dan Ferry Kase SH.

Selain didampingi Pemerintah Provinsi Kalteng yang diwakili Asisten II Pemprov Kalteng, rombongan juga didampingi perwakilan dari Kemenpora RI, Kemenpar RI, Perpusnas RI, Kemdikbud RI dan Kemenristekdikti RI.

Asdi menjelaskan kunjungan Kerja Komisi X DPR-RI ini dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi Dewan, yaitu perundang-undangan, anggaran, pengawasan, dan menampung serta menindaklanjuti aspirasi dan pengaduan masyarakat (fungsi representasi).

Ia juga menyampaikan bahwa ruang lingkup kerja Komisi X DPR-RI adalah bidang pendidikan, kebudayaan, pariwisata, ekonomi kreatif, pemuda, olahraga, serta perpustakaan, dengan enam (6) mitra kerja yaitu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, Kementerian Pariwisata RI, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Perpustakaan Nasional RI dan Badan Ekonomi Kreatif.

Adapun maksud kunjungan kerja ini, lanjutnya, adalah melakukan Komunikasi intensif antara DPR-RI, khususnya Komisi X DPR RI dengan Pemerintah Daerah dan lembaga-lembaga masyarakat di Kalteng berkaitan dengan pelaksanaan pembangunan pendidikan, kebudayaan, pariwisata, ekonomi kreatif, pemuda, olahraga, serta perpustakaan.

“Sedangkan tujuan kunjungan kerja ini adalah untuk mendapatkan masukan berupa data-data faktual tentang pelaksanaan pembangunan dan permasalahan dalam bidang pendidikan, kebudayaan, pariwisata, ekonomi kreatif, pemuda, olahraga, serta perpusatakaan di Kalteng,” ucap Asdi.

Sementara itu sambutan Selama Datang dari Rektor UPR Prof Dr Ferdinand MS menyambut baik dengan kunjungan yang dilakukan Anggota Komisi X, pihaknya berharap dengan dialog tersebut dapat membantu pembanguan UPR dan perguruan tinggi lainnya di Kalteng kearah yang lebih baik.

Dalam dialog antara pihak Komisi X dan Perguruan Tinggi di Kalteng banyak membahas tentang terkait tentang BOPTN, Beasiswa, SM3T, kepangkatan Dosen dan Akreditasi Perguruan Tinggi atau masukan lainnya yang dilontarkan para Akademisi dilingkungan Kalteng. (Humas UPR)