Kenalkan Budaya Sejak Dini

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Budaya daerah harus diperkenalkan kepada generasi selanjutnya mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Tentunya dengan tidak mengabaikan pentingnya peran keluarga dalam mendidik anak untuk mengenal jati dirinya sebagai orang Dayak.

Rektor Universitas Palangka Raya Dr Andri Elia SE MSi mengatakan, sudah seharusnya PAUD memasukan muatan lokal sebagai sarana pengenalan budaya daerah sejak dini.

Jenjang pendidikan dasar sampai perguruan tinggi, lanjutnya, mempunyai peran yang sama dalam memberikan pendidikan budaya kepada generasi penerus.

“Memang budaya ini memang menjadi fondasi untuk membangun karakter bangsa. Bumi borneo adalah bagian dari bangsa Indonesia yang mempunyai basis budaya yakni budaya Dayak. Dalam kegiatan baik resmi maupun tidak resmi, kegiatan kekeluargaann kepemerintahan budaya Dayak itu harus ditonjolkan dengan prinsip kearifan lokal, dalam bingkai NKRI berbahasa, norma dan lain sebagainya,” ujarnya, Kamis (22/11) siang di RRI Palangka Raya.

Rektor Universitas Palangka Raya Dr Andri Elia SE MSi menambahkan, media massa juga berperan sebagai ujung tombak dalam memperkenalkan dan melestarikan budaya daerah.

Dr Andri Elia SE MSi menjadi narasumber bersama Kepala LPP RRI Palangka Raya, Edyi Ivan, dalam Dialog Budaya: Peran media massa dalam pelestarian dan pengembangan budaya daerah yang disiarkan Pro 4 RRI Palangka Raya. Turut hadir dalam dialog budaya tersebut Kepala LPP TVRI Kalimantan Tengah dan praktisi media yang ada di Palangka Raya.

Permanent link to this article: http://www.upr.ac.id/kenalkan-budaya-sejak-dini/