«

»

Feb 20 2017

Kegiatan Dies Natalis Ke-23 Tahun Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Palangka Raya

Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Palangka Raya sekarang ini telah berusia 23 tahun. Keberadaan Jurusan Budidaya Pertanian diawali dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Palangka Raya No. 583/PT31.H/C/6/91 tanggal 2 Mei 1991 tentang Penutupan dan Pengintegrasian Fakultas Non Gelar Teknologi (FNT) menjadi Fakultas Pertanian, yang dikukuhkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0368/O/1993 tanggal 21 Oktober 1993 yang kemudian diikuti dengan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 09/Dikti/Kep/1994 tanggal 15 Januari 1994 tentang Pembukaan Jurusan/Program Studi Budidaya Pertanian. Berasarkan hal tersebut setiap tahunnya tanggal 15 Januari  diperingati sebagai hari lahirnya Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Palangka Raya.

Awalnya Jurusan Budidaya Pertanian dengan jenjang Strata Satu (S-1) hanya terdiri dari 1 (satu) Program Studi, yaitu: Agronomi dengan bidang minat Agronomi. Namun selanjutnya berkembang dengan dibukanya 2 (dua) bidang minat, yaitu: Ilmu Tanah dan Hama Penyakit Tanaman berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Palangka Raya No. 12/J24/AK/2001. Selanjutnya keberadaan Program Studi Agronomi yang didalamnya terdapat bidang minat Agronomi, Ilmu Tanah, dan Hama Penyakit Tanaman dirubah menjadi Program Studi Agroteknologi berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 163 tahun 2007 tentang Penataan dan Kodefikasi Program Studi pada Perguruan Tinggi yang kemudian direvisi berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 154 tahun 2014 tentang Rumpun Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Gelar Lulusan Perguruan Tinggi .

Seiring perkembangannya, saat ini Jurusan Budidaya Pertanian telah menambah 2 (dua) Program Studi baru, yaitu: Program Studi Peternakan berdasarkan SK Dikti No. 454/E/O/2014 Tanggal 7 Oktober 2014, dan Program Studi Teknologi Industri Pertanian berdasarkan SK Dikti No. 81/KPT/I/2016 Tanggal 3 Februari 2016. Dari semua Program Studi yang ada dilingkup Jurusan Budidaya Pertanian, Program Studi Agroteknologi memiliki akreditasi B, sedangkan 2 (dua) Program Studi lainnya, yaitu Program Studi Peternakan dan Program Studi Teknologi Industri Pertanian memiliki Akreditasi C, yang mana nantinya kedua program studi ini akan melaksanakan reakreditasi kembali.

Dalam rangka memeriahkan Dies Natalis ke-23 tahun Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, dilaksanakan beberapa acara perlombaan, yaitu: jalan santai/sehat, balugu, tarik tambang, volley ball, lomba cipta kreasi masakan tradisional, lomba poster, lomba karya ilmiah, lomba lukis ornament tradisional, lomba catur, dan kegiatan bakti sosial donor darah, yang berlangsung dari tanggal 18 – 25 Februari 2017 bertempat di lingkungan Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Palangka Raya. Kegiatan yang dilakukan ini bertujuan untuk memupuk rasa saling menghormati, solidaritas, kebersamaan antara dosen dan mahasiswa (i) dan kegigihan dalam mencapai sesuatu, kejujuran, ketulusan, serta tidak mudah putus asa. Adapun tema dari kegiatan Dies Natalis Jurusan Budidaya Pertanian, adalah: “Pengembangan Karakter Mahasiswa (i) Jurusan Budidaya Pertanian Melalui Budaya Senyum dan Salam”.

Kegiatan Dies Natalis ini tentu saja mendapat dukungan dari berbagai pihak, yang mana acara ini pun yang pertama kali dilaksanakan dan dilakukan dari kita untuk kita. Semoga melalui kegiatan ini akan menambah semangat mahasiswa (i) dan dosen dalam hal mewarnai kehidupan kampus di Universitas Palangka Raya, bahkan akan semakin dikenal oleh masyarakat sebagai kampus yang mampu menghasilkan sarjana yang unggul dan berdaya saing tinggi dibidang pertanian. Selamat Ulang Tahun Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Palangka Raya.

Berita Terkait