«

»

Apr 21 2017

Jalin Kerjasama, UBP Gandeng UPR

Walaupun baru memiliki dua angkatan mahasiswa, Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang yang terletak di Kabupaten Karawang, Jawa Barat  itu mempunyai visi menjadi salah satu perguruan tinggi berwawasan internasional.

Untuk mewujudkan hal tersebut, UBP Karawang menggandeng beberapa Perguruan tinggi besar di Indoensia salah satunya Universitas Palangka Raya (UPR) untuk belajar dalam rangka perkembangan UBP Karawang kedepan.

“UBP Karawang berdiri tanggal 17 Oktober 2014. Penerimaan mahasiswa baru perdana kami lakukan pada tahun akademik 2015/2016 dengan jumlah 1.200 Mahasiswa. Angkatan ke 2 berjumlah 1.600 jadi jumlah mahasiswa kami saat ini 2,800 orang yang terbagi dalam 10 Program Studi,” ucap Rektor UBP Karawang Dr H Dedi Mulyadi SE., MM.

Dalam kesempatan tersebut, Dedi Mulyadi juga memperkenalkan sekilas tentang UBP Karawang pasca berdirinya dengan berbagai kerjasama yang telah dibangun dalam rangka pengembangan diantaranya dengan ITB, UGM, Universitas Brawijaya, Untan dan beberapa perguruan tinggi lainnya salah satunya UPR.

Sedangkan untuk kerjasama internasional, lanjutnya, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan universitas dari Selangor dan Johor Bahru di Malaysia serta universitas di Negara Thailand, Korea Selatan, Kamboja dan beberapa negara lainnya.

“Salah satu ketertarikan kami berkerjasama dengan UPR, jujur salah satunya kami ingin berguru bagaimana menjalin kerjasama dengan Universitas di negara Jepang. Karena selama ini kami dengar UPR memiliki hubungan baik dengan universitas di Jepang, ijin kami mohon petunjuknya,” kata Dedi.

Dedi berharap dengan kerjasama dengan UPR dapat mendorong perkembangan UBP Karawang, karena pihaknya sadar sebagai Universitas baru pihaknya perlu belajar banyak untuk berpartisifasi dalam dunia perdidikan tinggi.

Sementara itu Rektor UPR Prof Dr Ferdinand MS menyambut baik kerjasama dengan UBP Karawang. Pihaknya berharap dengan kerjasama itu saling menguntungkan antara dua lembaga pendidikan tinggi tersebut.

“Saya mengapresiasi yang tinggi kerjasaman ini. Diharapkan degan kerjasama ini dapat memberikan keuntungan bagi kita bersama dalam membangun pendidikan tinggi didaerahnya masing-masing,” ungkapnya.

Dalam kunjungan UBP Karawang tersebut dilakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara UBP Karawang dan UPR.