ILMU ADMINISTRASI NEGARA FISIP TERAKREDITASI A

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) khususnya di jurusan Administrasi Negara Universitas Palangka Raya (UPR) kini memegang predikat akreditasi A plus.

Pencapaian ini merupakan prestasi yang sungguh memuaskan. Bahkan disebut bahwa akretasi yang diraih gemuk.

“Akreditasi dengan standar nilai 3,70 adalah A, Jurusan Adminiatrasi mendapatkan nilai 3,71, jadi akreditasinya gemuk. Ini sangat membanggakan,” kata Prof Kumpiady selaku Dekan Fisipol UPR saat dibincangi, Jumat (30/8) siang.

Akreditasi A gemuk ini dicapai dengan komitmen dan kerjasama semua pihak, Dekan, wakil dekan, para dosen, tenaga kontrak dan mahasiswa.

“Yang kami lakukan adalah pegang komitmen, kordinasi dan menjalin keharmonisan secara internal maupun eksternal ke rektorat,” ucapnya.

Profesor Drs Kumpiady Widen MA PhD, juga membagikan strategi yang mereka lakukan sehingga pencapaian maksimal ini. Yakni komitmen yang kuat, kedisiplinan, kebersihan lingkungan kampus, menjalin kerjasama tingkat lokal dan internasional. Namun yang penting adalah menjalin keharmonisan sesama civitas.

“Sebelumnya akreditasi C, pemberian Badan Akreditasi Pergurusn Tinggi (BAN-PT). Kemudian kami berkomitmen untuk mencapai A. Hasilnya terbukti, bahkan A plus, sangat gemuk. Kami sangat bersyukur,” ucapnya sambil tersenyum.

Lanjutnya, bahkan pihaknya telah menyiapkan segala diri saat tim akreditasi dari BAN-PT melakukan penilaian. Seperti
membuat ruang khusus sebagai mushola, adanya ruang dosen yang memadai, ruang baca, ruang perkuliahan, serta menjaga kebersihannya.

Kemudian yang paling penting adalah kelengkapan fasilitas. Penilaian lainnya adalah kerjasama dengan proses administrasi. Seperti penggunaan dana untuk penilitian serta menjalin kerjasama keluar baik tingkat lokal sampai internasional.

“Fisip, khsusnya Ilmu Adminitrasi Negara ada kerja dengan salah satu Universitas di Thailand. Selain itu visi misi saya selaku dekan yang telah disosialisasikan. Semua bukti itu kita berikan dalam bentuk dokumen seperti piagam, sertifikat, foto dan buku ilmiah,” katanya.

Bukan itu saja, salah satu unsur penilaian rupanya adalah harus ada jalinan silahturahmi antara alumni.

“Waktu itu kita jadirkan pimpinan tempat alumni bekerja, kebetulan sebagai admin di Bank Kalteng. Dan penjelasannya bahwa alumni kita itu berkeja dengan sangat baik. Ini juga yang menjadi kebanggaan kami, bahwa lulusan fisip bisa menjadi terbaik di masyarakat,” tutupnya. (rul)

sumber : http://palangkaekspres.com

Permanent link to this article: http://www.upr.ac.id/ilmu-administrasi-negara-fisip-terakreditasi-a/