Manual Gmail@UPR

9971-logo-sami-apps-kids-education-apps

Mengapa pindah ke Google Apps?

Dalam upaya peningkatan layanan Teknologi Informasi , Universitas Palangka Raya  bekerja sama dengan Google.Inc dalam implementasi Google Application for Education di kampus UPR . Google Application for Education yang dikenal dengan istilah GAFE meliputi layanan:

  • Google Mail
  • Google Drive
  • Google Calendar
  • Google Document
  • Dan lain-lain

Semua fitur layanan Google tersebut dapat digunakan di UPR setelah mendapatkan akun email dengan domain UPR, sehingga semua pengguna di UPR harus memiliki akun email UPR agar bisa mendapatkan fasilitas tersebut. Dengan layanan ini, diharapkan seluruh civitas akademika di UPR akan mendapatkan layanan Teknologi Informasi yang lebih handal dan aman.

Apa bedanya webmail.upr.ac.id dengan uprmail.upr.ac.id?

Universitas Palangka Raya saat ini memiliki 2 bentuk layanan email yaitu webmail.upr.ac.id dan uprmail.upr.ac.id. Layanan webmail.upr.ac.id merupakan layanan email mandiri dari Universitas palangka Raya dan uprmail.upr.ac.id adalah salah satu jenis layanan dari GAPPS for EDU. Semua penggunan dosen dan mahasiswa di UPR. Semua standar dan pengelolaan layanan dan keamanan Gmail@UPR akan mengikuti standar layanan dan keamanan Google.

Bagaimana cara mengubah nama yang tampil?

  1. Setelah masuk ke Gmail carilah gambar roda gerigi di sebelah kanan atas. Klik gambar itu kemudian klik menu Settings.
  2. Pilih menu Accounts.
  3. Pada bagian Send mail as:akan muncul nama dan alamat email anda. Klik tautan edit info yang berada di sebelah kanan alamat email anda untuk memunculkan halaman pengaturan nama pada jendela baru.
  4. Masukkan nama yang ingin anda tampilkan di email yang anda kirim, kemudian tekan tombol Save Changes.

Bagaimana cara mengubah kata sandi?

  1. Setelah masuk ke Gmail carilah tulisan akun email anda di sebelah kanan atas. Klik alamat email, kemudian akan muncul menu di bawahnya.
  2. Klik tautan Account.
  3. Klik menu Securityyang ada di sebelah kiri layar.
  4. Tekan tombol Change password.
  5. Masukkan kata sandi lama dan kata sandi baru (dua kali) kemudian tekan tombol Simpan.

Penggunaan perangkat bergerak

Saat ini hampir seluruh perangkat bergerak menyediakan fitur mail client dengan beberapa template pengaturan. Biasanya pada proses penambahan akun terdapat pilihan jenis email seperti Gmail, Yahoo!, dan sebagainya. Pilihlah Gmail, masukkan alamat email UPR anda dengan lengkap (akun@domain.upr.ac.id) beserta kata sandi anda. Pada umumnya pengaturan selanjutnya sudah dilakukan secara otomatis oleh perangkat anda.

Pengaturan manual

Bila perangkat anda tidak menyediakan pengaturan untuk Gmail, anda dapat menggunakan pengaturan manual berikut.

  • Username: [alamat email anda]
  • Server SMTP: smtp.gmail.com dengan SSL port 465 atau port 587 dengan STARTTLS, dengan mengaktifkan otentikasi SMTP.
  • Server POP3: pop.gmail.com dengan SSL port 995.
  • Server IMAP: imap.gmail.com dengan SSL port 993.

Saya perlu informasi lebih lanjut

Silakan menghubungi Tim Website UPR

kontak:helpdesk@ict.upr.ac.id