«

Aug 11 2017

Dekan FT BKS PTN Wilayah Barat Gelar Rapat di UPR

Seluruh Dekan Fakultas Teknik (FT) yang tergabung dalam Badan Kerjasama (BKS) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Wilayah Barat menggelar rapat kerja dalam rangka penguatan komitmen dan kinerja pelayanan akademik yang berkaualitas.

Dekan FT Universitas Palangka Raya (UPR), Ir Waluyo Nuswantoro ST MT merasa beruntung atas ditunjuknya FT UPR untuk menjadi tuan rumah pertemuan/rapat para Dekan Fakultas Teknik di wilayah barat itu.

Ia menjelaskan dalam rapat tersebut ada beberapa agenda yang akan dibahas diantaranya perkembangan teknologi dan aturan yang dikeluarkan pemerintah Pusat terutamanya Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dan Kementerian Agama terkait dengan pendidikan ilmu teknik di Indonesia.

Selan itu, rapat tersebut juga sebagai ajang memperkuat kerjasama antara PTN di wilayah barat terkait pengembangan dan peningkatan kualitas satuan masing-masing.

“Selain membahas isu Nasional, disini juga sebagai ajang kita memperkuat kerjasama dibidang tri dharma perguruan tinggi baik itu pendidikan dan pengajaran, kemudian penelitian dan pengabdian bagi masyarakat termasuk tukar menukar Dosen dan Mahasiswa. Nanti kita juga akan membahas strategi dalam menyikapi kurang SDM Dosen Teknik yang terjadi saat ini,” ucapnya.

Waluyo  mengungkapkan ada sedikitnya 30 peserta yang hadiri dalam kegiatan tersebut. diantaranya Dekan FT dari Universitas Syah Kuala Aceh, USU Medan, Universitas Riau, Universitas Andalas Padang, UNSRI, Unila, Institut Pertanian Bogor, UNJA, UNHAS, UNTIRTA, Polinela, Universitas Papua, Universitas Bengkulu, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Baturaja, Universitas Bangka Belitung, Universitas Islam Sumut, BPTP Lampung, BPTP Banten, Unibraw, UNIB, Universitas Tanjungpura, Universitas Bengkulu, Universitas Musi Rawas, Universitas IBA dan beberapa lainnya.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan mulai 28-30 Juli 2017 itu pihak penyelenggara juga mendatangan pembicara dari Pusat yakni Direktur Karier dan kompetensi SDM Kemenristekdikti Prof Dr Bunyamin Maftuh, MPd MA yang akan menerangkan tentang profesi ke-Insinyur-an dan ke-arsitek-an.

“Rapat ini rutin digelar setiap tahunnya. Untuk Rapat pertama kemaren digelar di Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, dan rapat kedua di UPR. Nanti Seminar dan Rapat Tahuan (Semirata) 2017 di Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura Pontianak,” katanya.

Pihaknya berharap dalam kegiatan tersebut FT UPR dapat banyak belajar dengan FT dari PTN lainnya bagaimana trik mereka untuk meningkatkan dan mengembangkan FT baik dari segi pelayanan, Akademik dan SDM yang berdampak pada kemajuan FT UPR.

“Kita sadar FT UPR baru saja berkembang, banyak yang harus kita pelajari misal terkait strategi peningkatan Akreditasi Program Studi dan sering mengenai penikatan SDM, sehingga nantinya akan berdampak pada pengembangan FT UPR,” tutupnya.