BNI Kerja Sama dengan Universitas Palangka Raya

PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan Universitas Palangka Raya (Unpar) melakukan kerjasama tentang penyediaan dan penggunaan layanan jasa perbankan. Perjanjian kerjasama kedua belah pihak ditandatangani oleh Pimpinan Wilayah BNI Banjarmasin, Yanar  Siswanto dan Rektor Unpar, Prof Dr Ferdinand MS di Aula Rahan Unpar, Rabu (24/6) pagi.

Menurut Yanar Siswanto, kesepakatan bersama ini yang pertama adalah Cash Management  untuk mendukung Unpar dalam melakukan transaksi. Juga mempermudah dalam pembayaran spp mahasiswa secara online. “Nantinya mahasiswa akan diberikan semacam kode . Dan mereka bisa melakukan traksaksi pembayaran  dimanapun berada, bisa lewat ATM, SMS Banking dan layanan lainnya dengan cukup menggunakan kode tersebut,” ungkapnya.

Menurutnya, program ini sudah diterapkan di perguruan tinggi negeri lainnya, seperti di Jawa.  Sedangkan untuk di Kalimantan, di Kalsel sudah ada menggunakan sistem Host to Host, yaitu  sistem pembayaran biaya kuliah yang terintegrasi antara ATM dan keuangan Sistem Informasi Akademik (Siakad).

“Mahasiswa cukup melakukan pembayaran biaya kuliah melalui ATM lalu data pembayaran tersebut langsung masuk ke sistem keuangan Siakad secara real time. Untuk di Kalteng, kerjasama ini baru dilakukan dengan pihak Unpar,” ungkap Yanar Siswanto didampingi Kepala Cabang BNI Palangka Raya, M Farid Ma’rof.

Lebih jauh Yanar Siswanto menjelaskan, selain kerjasama di atas, ada sejumlah poin kerjasama lagi yang menjadi kesepakan antara BNI dan Unpar. BNI juga akan memberikan fasilitas kredit kepada dosen dan pegawai Unpar, jasa perbangkan lainnya, anjungan tunai mandiri dan jangka panjangnya akan ada kantor layanan di Unpar.

Sementara itu, Rektor Unpar Rektor Unpar Prof Dr Ferdinand MS dalam kesempatan etrsebut menjelaskan, Unpar perlu menerapkan manajemen professional yang efisien, efektif dan akuntabel. “Karena visi yang saya angkat dalam memimpin Unpar adalah meningkatkan daya saing Unpar melalui manajemen sinergi berbasis ICT yang efisien, akuntabel dan transparan,” ungkap Ferdinand.

Maka dari itu, menurut Ferdinand, dirinya menugaskan tim ahli masing-masing  untuk melakukan penjajakan kemungkinan melakukan kerjasama pelayanan perbangkan dengan BNI Palangka Raya. Karena menurutnya, BNI adalah salahsatu bank yang memiliki keunggulan di bidang ITC dan telah sukses melakukan kerjasama dengan universitas besar dan terama di Indonesia.

“ Terima kasih kepada BNI yang telah bersedia bekerja sama dengan Unpar. Semoga kerjasama ini dapat memberi manfaat positif kepada kedua belah pihak. Harapanya, kerja sama ini  bermuara pada sumbangsih pemikiran terbaik kita bersama untuk menghasilkan generasi penerus yang berkualitas, sehingga akan mampu meningkatkan daya saing bangsa dimasa yang akan datang,” pungkasnya.(bud/b5)

kirim komentar