Home
Berita
Pelaksanaan UJIAN TULIS BERBASIS KOMPUTER (UTBK) UPR di era NEW NORMAL 2020
Cover Berita

Pelaksanaan UJIAN TULIS BERBASIS KOMPUTER (UTBK) UPR di era NEW NORMAL 2020

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam rangka Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020, secara resmi dibuka oleh Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr. Andrie Elia Embang SE., M.Si, didampingi oleh para Wakil Rektor, jajaran Panitia UTBK serta seluruh Civitas Akademika UPR, Minggu 5 Juli 2020 di gedung UTBK UPR.

Kegiatan pembukaan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng)  Dr. Mofit Saptono Subagio, serta Ketua STMIK Palangkaraya Suparno, M.Kom.

Dalam proses pelaksanaan UTBK, Panitia pelaksana melalui Ketua Panitia Pusat UTBK UPR Prof.Dr.Salampak Dohong, MS menyampaikan bahwa UPR dan STMIK Palangkaraya dalam melaksanakan UTBK di era new normal berpedoman pada protokol kesehatan Covid 19 yang berlaku, kegiatan ini pun turut bekerja sama dengan Gugus Tugas Covid 19 Kota Palangka Raya sebagai upaya mencegah penyebaran Covid 19.

Rektor UPR menyampaikan pesan kepada para peserta dalam sambutan nya ketika membuka secara resmi UTBK UPR, agar para peserta dapat menjaga kesehatan serta tetap menjalankan protokol kesehatan yang berlaku selama mengikuti ujian.

Kegiatan seleksi UTBK dilaksanakan didua tempat yakni di kampus UPR dengan total kapasitas 255 komputer dan kampus Sekolah Tinggi Manajeman Dan Informatika Komputer (STMIK) Palangkaraya selaku mitra UTBK UPR sebanyak 55 komputer sehingga total kapasitas yang dapat terlayani dalam satu sesi pelaksanaan UTBK 2020 sebanyak 310 peserta. dalam hal ini STMIK Palangkaraya telah menjalin MoU guna mendukung kegiatan ini.

Pusat UTBK UPR melayani sebanyak 3.747 peserta dari 19 provinsi yg ada di Indonesia dan terbagi dalam 13 sesi dimana dalam satu hari dilaksanakan sebanyak dua sesi (620 peserta). Pada pelaksanaan hari pertama (sesi 1 dan 3) dari 620 peserta yang terdaftar mengikuti tes, hadir sebanyak 589 peserta atau 95% peserta telah hadir dan mengikuti tes.

Pelaksanaan UTBK 2020 dilaksanakan dalam 2 (dua) tahap yaitu tahap pertama yang dilaksanakan mulai tgl 5 – 11 Juli dan tahap kedua yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 – 29 Juli 2020, pengumuman SBMPTN akan dilakukan pada tanggal 20 Agustus 2020 mendatang.