Tentang UPR

Salah satu upaya yang akan dan sedang dilakukan oleh UPR dalam rangka menjawab tantangan global dan revolusi industri 4.0 saat ini adalah dengan meningkatkan standar kualitas penyelenggaraan tridarma pendidikan (pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat). Peran UPR di masa yang akan datang diwujudkan antara lain dengan menghasilkan SDM yang berkualitas, yang tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi, tetapi juga memiliki moralitas dan integritas kepribadian yang baik (pintar tuntang harati), sehingga akhirnya dapat menghasilkan SDM yang berdaya saing tinggi dan mampu  menyesuaikan diri terhadap perkembangan zaman.

Selamat belajar di Universitas Palangka Raya, kalian dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan kesempatan yang disediakan. Pimpinan, staf pengajar, tenaga kependidikan di UPR siap membantu kalian untuk menimba pengetahuan dan mengasah kepekaan sosial dalam mempersiapkan kalian menjadi SDM yang berkualitas.

Visi

Universitas Palangka Raya menjadi perguruan tinggi terbaik dalam menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, bermoral Pancasila dan berdaya saing tinggi.

Misi UPR

Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran secara efektif dan profesional; Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kesejahteraan masyarakat; Membina kehidupan akademik yang demokratis dan dinamis dengan mendayagunakan sumberdaya secara optimal, transparan, akuntabel, dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia berkelanjutan; Menyelenggarakan pengelolaan universitas berdasarkan paradigma baru manajemen pendidikan tinggi yang berazal otonomi, evaluasi, akuntabilitas, akreditasi, dan jaminan mutu yang bermuara pada peningkatan kualitas yang berkelanjutan.

PIP UPR

Pola ilmiah pokok (PIP) Universitas palangka Raya dirumuskan berupa “pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi lingkungan hidup Wilayah daerah Aliran Sungai (WIDAS) : Gambut, lahan basah dan hutan rawa”