1545 Mahasiswa UPR Diberi Pembekalan K2NM

Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (K2NM) merupakan suatu keharusan yang dijalani oleh mahasiswa dan termasuk ke dalam kontrak mata kuliah di semester yang wajib dijalani. Pada periode ke satu (1) tahun 2016, kegiatan K2NM  Universitas Palangka Raya (UPR) diikuti sebanyak 1.545 orang mahasiswa dengan distribusi berdasarkan fakultas yang terdiri dari FKIP sebanyak 711 orang, Fakultas Ekonomi sebanyak 120 orang,  Faperta sebanyak 115 orang, Fakultas Teknik sebanyak 273 orang, Fakultas Hukum sebanyak 83 orang dan Fisipol 243 orang.

Sebelum diterjunkan ke lokasi K2NM, ribuan mahasiswa itu terlebih dahulu mendapatkan pembekalan yang digelar pihak Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPKM) mulai 29-30 April  2016 di aula Palangka Universitas Palangka Raya (UPR).

Rektor Universitas Palangka Raya, Prof Dr Ferdinand MS, diawal sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan K2NM sangat memerlukan suatu pengetahuan dalam rangka membantu masyarakat.

Maka, kegiatan pembekalan merupakan salah satu langkah awal bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan ketika melaksanakan kegiatan di lapangan sehingga mahasiswa mengetahui maksud dan tujuan dari kegiatan itu sendiri.

Ia berharap mahasiswa yang mengkuti program K2NM bisa memberikan kontribusi maksimal kepada masyarakat. Disamping itu Mahasiswa harus bisa berperan aktif memberikan dukungan, bantuan yang bisa meningkatkan daya saing masyarakat.

Mengakhiri sambutanya Rektor, meminta Peserta K2NM jadilah Mahasiswa Harati karena sebagai sumberdaya yang sudah dibekali dengan ilmu dan pengetahuan, hendaknya mahasiswa menjadi contoh yang baik, menjaga keamanan dan ketertiban serta bisa menjaga almamater.

Mampu berperan sebagai motivator dan fasilitator pembangunan, mampu memahami dan mengidentifikasi permasalahan serta menyusun langkah-langkah maupun rumusan sebagai masukan bagi pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan secara umum salah satu tujuan kegiatan ini.

Karenanya, keberadaan mahasiswa di masyarakat akan menumbuhkembangkan potensi masyarakat serta mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan, ingat Rektor.

Ditambahkan Ketua LPKM, Prof Dr Joni Bungai MPd, kegiatan pembekalan merupakan salah satu langkah awal bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan ketika melaksanakan kegiatan di lapangan sehingga mahasiswa mengetahui maksud dan tujuan dari kegiatan itu sendiri.

“Pembekalan mahasiswa peserta K2NM bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman praktis kepada mahasiswa untuk diterapkan di lapangan dan menyamakan persepsi mahasiswa dalam pelaksanaan K2NM,” ucapnya.Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana K2NM Unpar periode I Tahun 2016, Dr Sunaryo N Tuah MP di sela-sela kegiatan pembekalan, Jum’at (29/4) mengatakan, pelaksanaan kegiatan K2MN akan dilakukan di, Kabupaten Pulang Pisau dan Kota Palangka Raya, selama 1 Bulan. Setiap kelompok nantinya didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan  (DPL).

“Pembekalan mahasiswa peserta K2NM bertujuan untuk memberikan pengetahuan  dan pengalaman praktis kepada mahasiswa untuk diterapkan dilapangan dan menyamakan persepsi mahasiswa dalam pelaksanaan K2NM,” ucapnya.

Pada periode I Tahun 2016, kegiatan K2NM mengangkat tema Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup Dalam Rangka Penyelamatan Lingkungan Hidup serta Membentuk Karakter Mahasiswa (Character Building) melibatkan sebanyak 46 orang Dosen Pendamping Lapangan (DPL), yang berasal dari 6 Fakultas (FKIP, FE, Faperta, FT, FH dan Fisipol). (Tjk)