1019 Peserta KKN-PPM Periode 1 Tahun 2018 Ikuti Pembekalan

Sabanyak 1.019 Mahasiswa Universitas Palangka Raya (UPR) yang menjadi peserta Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) periode ke satu 2018 mendapat pembekalan, (14/3).

Pembekalan diberikan oleh LP3MP UPR mulai 14-15 Maret 2018 yang berpusat di aula Palangka UPR, dibuka oleh Plt Rektor UPR, Dr Ir Agus Indarjo MPhil yang didampingi Ketua LP3MP UPR, Prof. Dr. Petrus Purwady MS ditandai dengan pemasangan jaket KKN-PPM kepada mahasiswa.

Dalam sambutan Plt Rektor UPR, Dr Ir Agus Indarjo MPhil mengingatkan, KKN merupakan suatu keharusan yang dijalani oleh mahasiswa yang termasuk dalam kontrak mata kuliah, dimana pesertanya dituntut untuk mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang mereka dapat selama duduk di bangku kuliah.

Oleh karena itu, kegiatan pembekalan merupakan salah satu langkah bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan ketika melaksanakan kegiatan di lapangan sehingga mahasiswa mengetahui maksud dan tujuan dari kegiatan itu sendiri.

“Pembekalan mahasiswa peserta KKN bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman praktis kepada mahasiswa untuk diterapkan dilapangan. Selain itu ini juga ajang untuk menyamakan persepsi antara mahasiswa yang merupakan peserta dengan pihak penyelenggara,” ucapnya.

Rektor UPR juga berharap momentum KKN-PPM itu sebagai wadah untuk meningkatkan kreatifitas dan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diarahkan untuk menjamin dunia akademik teoritik dan dunia empirik praktis, dengan demikian akan terjadi interaksi sinergi antara mahasiswa dan masyarakat.

Mahasiswa dapat belajar dari masyarakat selain ia menerapkan bidang ilmu yang ia kuasai selama di bangku kuliah. Sehingga apa yang ia programkan dapat bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri, ucapnya.

“Saya berpesan kepada Dosen Pendamping Lapangan dan peserta KKN-PPM agar melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang maksimal baik bagi mahasiswa, perguruan tinggi, pemerintah daerah dan masyarakat secara luas,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua LP3MP UPR, Prof. Dr. Petrus Purwady MS menjelaskan, ribuan peserta KKN tersebut akan disebat di wilayah kabupaten Katingan dan kota Palangka Raya.

Ketua LP3MP UPR juga menjelaskan KKN akan dilaksanakan selama satu bulan penuh dimana rencananya pihak LP3MP UPR akan menyerahkan peserta KKN PPM ke pemerintah daerah lokasi KKN pada 16 Maret 2018.

Permanent link to this article: http://www.upr.ac.id/1019-peserta-kkn-ppm-periode-1-tahun-2018-ikuti-pembekalan/